Pemusnahan minuman keras di halaman kantor Pengadilan Negeri Manokwari, kemarin.

LAGI, RIBUAN LITER MIRAS DAN NARKOBA DIMUSNAHKAN

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ribuan liter miras dan puluhan kilogram narkoba Jenis ganja serta shabu-shabu, yang berhasil diamankan pihak Kepolisian, Badan Narkotika Nasional, dimusnahkan Kejaksaan Negeri Manokwari, BNN Papua Barat, Pengadilan Negeri Manokwari serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Rabu (23/3).

Pemusnahan barang haram tersebut dilakukan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Manokwari. Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Timbul Tamba mengatakan, belakangan ini, penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Manokwari tidak mengenal gender maupun usia.

“Penyalagunaan narkotika bukan hanya terjadi dikalangan usai dewasa, tapi sudah merambah anak-anak usai sekolah, khususnya di sekolah menengah,” kata Timbul.

Tak hanya itu, masalah minuman keras juga sudah menjadi perhatian bersama di Provinsi Papua Barat khususnya Kabupaten Manokwari, mengingat dampaknya yang sering berakhir dengan tindak pidana penganiayaan, tindakan dan kecelakaan lalulintas.

Untuk itu tanggungjawab dalam mengtatasi masalah ini bukan hanya terletak dipundak pemerintah melainkan semua elemen yang berada di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Perwakilan Papua Barat, Benny Pattiasina mengingatkan bahwa penyalahgunaan narkoba dari hari ke hari akan terus meningkat, jika hal tidak segera ditekan semaksimal mungkin.

“Tahun 2014 lalu, angka penyalahgunaan Narkoba di Papua Barat sebanyak 9500-an dan ditahun 2015 telah menurun menjadi 9700 kasus,” kata dia.

Ikut Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan. Bupati mengatakan pemusnahan barang bukti ini merupakan bentuk keseriusan penegak hukum dalam upaya memberantas kejahatan di Kabupaten Manokwari.

Adapun barang Bukti yang dimusnahkan diantaranya berasal dari 10 perkara minuman keras terdiri atas 194 jerigen ukuran 25 liter dan 196 karung yang masing-masing berisikan 16 botol minuman keras berukuran 1.5 liter. Jika ditotal terdapat kurang lebih 9554 liter minuman keras illegal yang dimusnahkan.

Untuk perkara narkotika berasal dari 12 kasus yang terdiri dari 16 plastik bening berisikan ganja, ditambah 3 plastik bening berisikan ganja seberat 1,2110 gram, 0,8931 gram, dan 1,253 gram ganja. Selain itu juga terdapat 12 bungkus plastik bening shabu-shabu ditambah 4 plastik bening shabu hasil uji labfor.

Sedangkan barang bukti shabu lainnya yang ikuti dimusnahkan secara keseluruhan adalah 49 plastik bening shabu-shabu serta 3 alat isap bong. Terdapat juga 2 kantong plastik bening kristal metamfetamine serta beberapa alat bukti lainnya. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan