HUT Kemerdekaan RI Oleh PT Pertamina di Manokwari.

Ribuan Warga Manokwari Serbu Pasar Murah Pertamina

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Ribuan warga Manokwari, menyerbu pasar murah yang digelar PT Pertamina (Persero) bersama PT Permodalan Nasional Madani di lapanagan Borarsi, Sabtu (13/8/2016).

General Manajer Marketing Operation Ragion VIII Maluku-Papua Eldi Hendry di Manokwari, Sabtu mengatakan, pesta rakyat yang digelar di Manokwari sebagai andil perusahaan milik pemerintah ini pada perayaan kemerdekaan.

“Semua perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terlibat pada program BUMN hadir untuk negeri ini. Pertamina dan PNM ditunjuk Kementerian BUMN sebagai penyelenggara dan penanggungjawab kegiatan di Papua Barat,” kata dia.

Dia menyebutkan, pada pasar murah ini pihaknya menyiapkan sebanyak 2.500 paket sembako. Paket sembako berisi beras 10 kilogram, minyak goreng 5 liter dan gula pasir 2 kilogram senilai Rp.250 ribu itu dijual dengan Rp.25 ribu kepada masyarakat di daerah tersebut.

“Hasil dari penjualan ini kami kembalikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan yang akan kami serahkan ke rumah-rumah ibadah,” kata dia.

Pesta Rakyat ini menghadirkan tiga artis dari Jakarta yakni Ari Keriting, Sinyorita, dan Siti Badriah untuk meramaikan kegiatan tersebut. Celotan Ari Keriting dan Sinyorita menyegarkan para penggemarnya di Manokwari, begitu pun goyangan Siti Badriah.

Selain hiburan, warga yang hadir saat itu berkesempatan mengikuti undian doorprize menarik yang disiapkan pantia. Antara lain, kipas angin, dispenser, sepeda gunung, televisi, kulkas hingga sepeda motor.

Selain pasar murah, Pertamina bersama PNM melaksanakan kegiatan lain yang dipusatkan di lapangan Borarsi Manokwari tersebut. Kegiatan tersebut, berupa lomba dan hiburan untuk anak-anak hingga dewasa.

“Untuk jalan sehat terpaksa kita tunda karena tadi pagi di Manokwari hujan cukup deras,” ujarnya lagi.

Selain pesta rakyat, Pihaknya pun melaksanakan program Corporate Social Rensponsibility (CSR) yang akan berlangsung hingga Desember 2016.

Manajer CSR  PT Pertamina Agus Mash’ud As’ari merinci, ada sembilan program CSR yang dilaksanakan di Papua Barat.

“Kegiatan lain yang sudah berjalan adalah program Pertamina mengajar, pertukaran pelajar antara daerah, dan bedah rumah veteran atau pejuang di daerah,” katanya.

Dia menjelaskan, pada program pertamina mengajar pihaknya terlibat langsung untuk mengajar para siswa SD,SMP hingga SMA di Manokwari. Materi yang diajarkan berupa materi umum, antara lain terkait pengenalan bisnis pertamina dan motivasi untuk menumbuhkan semangat para siswa.

Pada pertukaran pelajar pihaknya memberangkatkan sebanyak 20 pelajar SMA di Papua Barat untuk melakukan studi banding ke Sumatra Barat. Sebaliknya, pelajar di daerah tersebut diberangkatkan untuk studi banding di Papua Barat.

Dia mengutarakan, kegiatan ini bertujuan agar para siswa mengenal daerah lain dari budaya, kekayaan alam, hingga sistem pendidikan yang diterapkan.  Kegiatan ini pun bertujuan agar para siswa memiliki referensi dari daerah lain untuk membangun daerahnya.

“Untuk program bedah rumah, ada 60 orang veteran di Papua Barat yang akan menerima program ini. 15 diantaranya ada di Manokwari. Di Manokwari kami bekerjasama dengan Kodim 1703 Manokwari,”katanya.

Pada program BUMN untuk negeri ini, lanjutnya Pertamina juga melaksanakan program bantuan dan pendampingan bagi para narapidana dan mantan Atlet, serta program bina desa.

Sejumlah narapidana dan mantan atlet akan mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan bantuan usaha yang mereka inginkan.

“Sementara untuk program bina desa kami akan mencoba untuk mendorong budidaya ikan lele. Desa yang kami tunjuk akan kami umumkan pada 17 Agustus mendatang,” ujarnya lagi. (IBN)

Tinggalkan Balasan