Roberth KR.Hammar |CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Robert Hammar: BBM Naik Untungkan Pemda Manokwari

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Kenaikan harga BBM bersubsidi yang mulai berlaku Selasa lalu dipastikan akan berimbas pada kenaikan harga barang maupun tarif angkutan umum. Kondisi itu membuat beban hidup masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah akan semakin bertambah.

Terlepas dari dampak secara ekonomi maupun sosial yang dirasakan masyarakat, menurut Wakil Bupati Manokwari Roberth KR. Hammar, ada hal positif yang bisa menguntungkan kabupaten Manokwari atas keputusan pemerintah menaikkan harga BBM.

“Ada untungnya sedikit untuk Manokwari karena BBM naik di akhir tahun anggaran sehingga prediksi-prediksi untuk (APBD) 2015, kita sudah bisa gunakan patokan harga setelah kenaikan untuk pelaksanaan pembangunan, pemerintahan maupun pelayanan kemasyarakatan,“ kata Hammar di kantor bupati Manokwari di Sowi Gunung, Selasa siang kemarin.

Pemkab Manokwari memang sampai saat ini belum menetapkan APBD 2015. Pihak eksekutif bersama DPRD sekarang masih dalam proses pembahasan APBD Perubahan tahun 2014.

Secara pribadi, Hammar juga berpendapat, pengurangan subsidi BBM yang selama ini telah menyedot dana APBN mencapai ratusan triliun rupiah, dalam jangka panjang justru penting guna mendorong masyarakat Indonesia menuju kemandirian.

“Karena Indonesia ini terlalu banyak yang namanya subsidi-subsidi. Kalau subsidi dikurangi ‘kan kemandirian bangsa kita semakin bagus, “ ucapnya.

Dia pun yakin pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla telah mempertimbangkan dampak-dampak yang timbul sekaligus menyiapkan langkah untuk menolong masyarakat miskin yang paling merasakan imbas dari kenaikan harga BBM.

“Jadi kita tidak harus terus larut dalam galau akibat BBM naik, sedih, ada yang protes, kritik, tapi ini juga ada dampak secara jangka panjang terhadap kemandirian masyarakat, “ pungkas alumnus program doktor dari UGM Jogja ini.|ZACK TONU BALA

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan