Kepala Dinas Sosial Edi Renmaur (Tengah) Membantu Para Staf Mengeceat Pagar Gereja GKI Maranatha Iriati. Dinsos Menggandeng Tim Ekspedisi NKRI.

Rp.5 Miliar dari APBD untuk Bangun Gereja dan Pura

WASIOR, Cahayapapua.comPemkab Teluk Wondama mengalokasikan dana Rp.5 miliar lebih pada APBD 2016 untuk pembangunan rumah ibadah maupun sarana terkait lainnya. Anggaran tersebut untuk membiayai pembangunan sedikitnya 4 gedung gereja baru, 1 buah Pura untuk penganut Hindu juga aula untuk pengajian di sekolah milik Yayasan Pendidikan Islam (Yapis).

Selain itu, ada juga penyelesaian pekerjaan pada beberapa gedung gereja yang belum tuntas pada tahun sebelumnya serta pengadaan perlengkapan untuk sejumlah gereja yang rencananya akan diresmikan dalam tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Edi Renmaur di sela-sela kegiatan kerja bhakti membersihkan areal gedung gereja GKI Maranatha Iriati, Jumat pagi.

Dinsos memang SKPD yang ditunjuk untuk mengurusi penyediaan sarana dan prasarana peribadatan.“Ada tiga gereja yang akan diresmikan dan yang lainnya masih dalam proses pekerjaan,” jelas Edi.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Tanaman Pangan ini membenarkan kebijakan anggaran yang ‘mengutamakan’ penyediaan sarana dan prasarana peribadatan itu merupakan implementasi dari visi dan misi Bupati sebelumnya Alberth H. Torey.

Dalam dua periode kepemimpinannya, Torey selalu menempatkan bidang kerohanian sebagai salah sektor prioritas. Tidak heran, rumah ibadah untuk semua agama yang ada di Wondama hampir seluruhnya dibangun dengan biaya 100 persen dari APBD.

“Memang ini untuk mewujudkan visi dan misi bapak mantan bupati. Kita belum tahu kebijakan dari bupati baru akan seperti apa,” tutup Edi.(BRV)

Tinggalkan Balasan