RSAL dr. Oetodjo, Sorong. Foto : Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

RSAL dr. Oetodjo Sorong Teken Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Guna membantu program pemerintah dibidang kesehatan, sejak 1 Januari 2015, RSAL dr. Oetodjo Sorong telah melakukan MoU (Momerandum Of Understanding) dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk melayani para pasien yang mengalami sakit.

Kepala RSAL dr. Oetodjo Sorong, dr. Yendri Januardi, Sp.B mengatakan, selain melayani pasien dari unsur TNI. Rumah sakit tipe D ini juga melayani pasien umum, dengan beberapa pelayanan, di antaranya penyakit dalam, ahli bedah, penyakit anak, kebidanan dan beberapa penyakit lainnya, yang dilengkapi dengan peralatan canggih.

“Sejak 1 Januari 2015, rumah sakit kami sudah bekerja sama dengan BPJS, untuk melayani pasien TNI maupun pasien umum lainnya,” kata Yendri saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (6/1/2015) siang.

Lebih lanjut Yendri mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya itu, akan ditambahkan beberapa fasilitas tempat tidur, yang sebelumnya hanya 30 kapasitas tempat tidur, menjadi 70 tempat tidur, namun semua itu akan diberikan pada akhir Februari 2015.

Sedangkan isu yang selama ini hembus dikalangan masyarakat, bahwa RSAL dalam melakukan pelayanan, membebankan para pasien dengan biaya yang begitu berat.

Menurut Yendri, hal itu tidaklah benar, hanya saja, masyarakat pada umumunya belum mengetahui, bahwa RSAL melayani pasien setara dengan RS Pemerintah Kota mapun Kabupaten Sorong.

Untuk persyaratan melakukan pengobatan maupun perawatan dengan melakukan BPJS di RSAL, Yendri mengaku tidak ada perbedaanya dengan RSUD. Oleh karena itu, dr. Yendri Januardi, Sp.B mengatakan, jika pasien yang mengalami sakit maupun membutuhkan pengobatan, dapat langsung ke RSAL dengan menggunakan BPJS Kesehatan. |CR-71