Illustrasi Pengaspalan Jalan

Ruas Jowen-Koyani di Manokwari Segera Diaspal Hotmix

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.comBupati Manokwari Bastian Salabai kembali melakukan blusukan ke kampung-kampung terpencil. Selasa, (16/12/2014) orang nomor satu Manokwari itu berkunjung ke Kampung Koyani, SP-6 Distrik Masni untuk memantau proyek peningkatan jalan di wilayah setempat. Bupati didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Wempi Bandung.

Ada dua ruas jalan yang sedang dikerjakan yakni jalan utama SP-6 arah Kampung Jowen sepanjang 500 meter dan jalan dari Kampung Jowen ke Kampung Koyani juga sepanjang 500 meter. Peningkatan dua ruas jalan tersebut dibiayai dana APBD 2014 senilai Rp1,6 miliar.

“Tahap awal peningkatan jalan dengan produk hotmix (aspal goreng) sejauh 500 meter kemudian secara bertahap kita lanjutkan pada tahun anggaran 2015. Untuk ruas jalan Jowen–Koyani, berapa hari lagi kita akan lakukan overlay (pengaspalan), “ ujar Wempi.

Adapun total jarak dari Jowen ke Koyani sejauh 1,6 Km. Sisanya sepanjang 1100 meter, akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2015. “Itu sudah menjadi prioritas, “ sambung dia.

Peningkatan dua ruas jalan dimaksud, merupakan aspirasi masyarakat setempat yang sudah berulang kali disampaikan kepada Bupati. Sebab, kondisi jalan tersebut memang sudah memprihatinkan.

“Ini sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat, mereka mau supaya jalan di SP-6 ini diaspal, jadi Pemda menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, “ kata Bupati.

Salabai memastikan, proyek peningkatan ruas jalan tersebut akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2015 sehingga nantinya keseluruhan jalan tersebut akan diaspal hotmix.

“Kenapa pakai hotmix, supaya kualitasnya bertahan lama agar akses masyarakat lebih lancar dan bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di tempat ini, “ tandas Bupati sembari menegaskan itu merupakan perwujudan komitmen Pemkab Manokwari membangun dari kampung ke kota.

Iwan Kurniawan, warga Kampung Koyani mengaku senang jalan menuju ke kampung tempat tinggalnya akan diaspal hotmix. Selama ini, warga setempat sangat mendambakan adanya perbaikan jalan setempat.

“Masyarakat di sini mendukung apapun yang mau dilakukan dengan jalan ini, mau bertahap atau apa kita dukung. Yang penting tetap berlanjut sampai tuntas, “ ujar Iwan usai berdialog dengan Bupati. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan