Ilustrasi Reformasi Birokrasi

Rudi Timisela: Reformasi Birokrasi Dimulai dari Kesungguhan Kepala Daerah

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Gubernur Papua Barat, Abraham O Atururi dituntut memiliki kesungguhan dan kemauan politik (Political Will) untuk melakukan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah provinsi. Hal yang sama harus dilakukan seluruh kepala daerah di kabupaten/kota di Papua Barat.

“Seluruh kepala SKPD dan jajaranya harus konsisten melaksanakan reformasi birokrasi. Hal itu harus diawali dari kesungguhan dan political will kepala daerah,”  kata ketua Komisi A DPR PB, Rudi F. Timisela di Manokwari, Rabu (22/1/2015).

Reformasi birokrasi kata Rudi, sudah menjadi prioritas utama pemerintah di masa presiden Susilo Bambang Yudoyono yang kini dilanjutkan oleh presiden Joko Widodo.

Di Papua Barat,  reformasi birokrasi pun harus diutamakan dari setiap program yang dilaksanakan pemerintah daerah provinsi hingga kabupaten/kota. Kepala daerah, bertanggungjawab untuk mendorong suksesnya upaya ini.

Untuk mewujudkan suksesnya reformasi birokrasi di Papua Barat pemerintah daerah diminta menyediakan anggaran yang cukup bagi penguatan kelembagaan pemerintah serta pengembangan dan penguatan kapasitas personal pegawai negeri sipil.

Penguatan kapasitas pun perlu dilakukan bagi lembaga-lembaga non pemerintah, agar seluruh lembaga sinergis dalam mendorong terwujudnya good governance atau pemerintahan yang baik.

“Jika reformasi birokrasi dan penguatan kelembagaan berjalan maksimal, maka peluang penyalahgunaan kewenangan dan tindakan korupsi dapat dicegah dan diminimalkan,”  tandas Rudi. |RIZALDI

 

Tinggalkan Balasan