Rumah Ibadah. Ilustrasi

Rumah Ibadah di Tiga Kabupaten Terima Bantuan BBR

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Setda Papua Barat pada Rabu (23/9/2015) memberikan Bantuan Berupa Bahan Bangunan Rumah (BBR) ke tiga kabupaten yakni Manokwari, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Biro Pembangunan Provinsi Papua Barat Ever Dowansiba mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan moril untuk meningkatkan pembangunan iman dan Taqwa.

Selain itu melalui program tersebut juga merupakan wujud komitmen dan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan kebutuhan masyarakat.
“Tujuannya untuk apa, tujuannya untuk peningkatan sarana pra sarana rumah ibadah guna mengurangi beban pengeluaran rumah ibadah serta pemenuhan sebagai kebutuhan saran ibadah,”jelasnya

Sementara itu Kepala Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial, Hermus Indou mengatakan, sebagai wakil Tuhan, pemerintah harus lebih memberikan perhatian kepada rumah-rumah ibadah yang masih membutuhkan bantuan.

“Karena pembangunan rumah ibadah rata-rata dilakukan swadaya sehingga dalam pembangunan tersebut banyak yang terkendala, dan tahun ini pertama kalinya kami coba memberikan bantuan BBR ini kepada rumah ibadah,”ucapnya

Dirinya berharap ditahun mendatang bantuan serupa dapat terus ditingkatkan, sehingga semua denominasi agama di Papua Barat mendapat bantuan serupa.
Kedepan Biro Pembangunan Provinsi Papua Barat akan mendata sekaligus menginventarisir rumah-rumah ibadah yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat.

“Kita akan tingkatkan jumlah dananya maupun materialnya. Jadi nanti kita akan siapkan bahan-bahan lokal serta bahan-bahan lokal untuk menunjang program ini,” jelasnya.

Di Kabupaten Manokwari ada empat gereja yang menerima yakni Gereja Pekabaran Injil Jalan Suci cabang Manokwari, GPKAI Jemat Bukit Moria Inggandi Gunung, Gereja Kemah Injili (Kingmi) di Tanah Papua, Gereja Masehi Adven Hari Ke 7 serta satu Masjid Darussalam Reremi.

Sementara di Kabupaten Manokwari Selatan rumah ibadah yang mendapat bantuan adalah Gereja GKI Jemaat Effata Indoryeki. Sedangkan untuk Kabupaten Pegunungan Arfak yakni GPKAI Jemaat Domba Allah Ningkimor, GPKAI Bethel Minyambouw dan GPKAI Injil Catubouw. |ADITH SETYAWAN