Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja, Manokwari, Papua Barat. Foto: Ist

Rumah Wagub Papua Barat Sentuh Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comTim monitoring Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja, Kamis lalu, mendapati Rumah Wakil Gubernur Papua Barat, Rahimin Katjong yang terletak di Kampung Ambon Atas, menyentuh kawasan hutan lindung tersebut.

“Sedikit bagian rumah wakil gubernur mengenai sebagian tapal batas,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari Erens Ngabalin diruang kerjanya usai melakukan monitoring Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja Kamis lalu, (6/11/2014).

Dishut Manokwari melakukan monitoring kawasan Hutan Lindung Gunung Meja bersama BKSDA, BPKH, dan beberapa aparat dari Kodim 1703 Manokwari.

Dishut Manokwari menurut Erens, akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada wakil gubernur papua barat perihal temuan tersebut.

Kepala BKSDA Manokwari yang coba dihubungi untuk memastikan luas Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja, yang telah dipakai warga untuk membangun rumah, belum memberi jawaban.

Sementara itu, Erens mengatakan, Dinas Kehutanan Manokwari sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk memagar Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja. Itu dilakukan untuk mengurangi aktivitas warga di daerah tersebut.

“Mengenai penyerobotan lahan untuk perumahan, kami (juga) berencana membuat surat edaran. Mungkin nanti pak bupati yang buat surat edarannya agar warga memperhatikan batas-batas hutan, sehingga kawasan tidak dipakai untuk membangun,” kata Erens.

Pal pembatas antara daerah yang boleh dipakai untuk membangun dengan Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja pernah dibuat Balai Konservasi Sumber Daya Alam beberapa tahun lalu. Namun dari hasil monitoring, beberapa pal telah digeser dari posisi semula. |ADITH SETYAWAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan