Ilustrasi

Runway Bandara Pegunungan Arfak segera diperpanjang

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun ini akan memperpanjang runway atau landasan pacu bandar udara Irey di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex di Manokwari, Selasa, mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.5 miliar melalui APBD tahun 2017.

Dia menyebutkab, pemerintah Pegunungan Arfak sudah membebaskan lahan sepanjang 200 meter dari ujung runway. Sejumlah bangunan akan direlokasi untuk mendukung pengembangan bandara tersebut.

“Seperti gedung sekolah SMP, itu nanti akan dipindah. Pemerintah daerah sudab menyiapkan lokasi baru untuk sekolah tersebut,” katanya.

Selain memperpanjang runway, pemerintah Papua Barat tahun ini juga akan melanjutkan pembangunan drainase sekitar bandara. Pihaknya tak ingin air menggenangi landasan pacu dan mengganggu sistem keselamatan.

Menurutnya, gubernur Papua Barat cukup konsen mengembangkan sejumlah bandara di daerah-daerah, termasuk Pegunungan Arfak sebagai daerah otonomi baru yang kaya akan potensi sumber daya alam.

Dia menyebutkan, kabupaten baru ini membutuhkan dukungan untuk mengembangkan daerah. Pembangunan infrastruktur perhubungan dinilai sebagai kebutuhan yang cukup mendesak.

“Kondisi topografi wilayah ini berbeda dari yang lain. Disisi lain alam Arfak punya potensi luar biasa, dari pariwisata hingga perkebunan dan pertanian,” ujarnya lagi.

Sudah sejak beberapa tahun lalu, bandara Iray dioperasikan. Meskipun demikian Bandara ini hanya bisa melayani penerbangan pesawat kecil. (ibn)

Tinggalkan Balasan