Ilustrasi peta Papua. | Aktual.co

RUU Otsus Plus Papua Masuk Prolegnas

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Dewan perwakilan Daerah Republik Indonesia atau DPD RI mengusulkan Rancangan Undang-undang Otonomi Khusus Plus (RUU Otsus Plus) untuk Papua dan Papua Barat dalam program legislasi nasional tahun 2015.

Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat, Abdullah Manaray baru-baru ini menyatakan, hal itu diusulkan oleh DPD dalam sidang paripurna luar biasa DPD RI di Gedung Nusantara, Jakarta.

Sidang yang dihadiri 108 dari 132 anggota DPD RI ini mengagendakan pengambilan keputusan pertimbangan DPD RI terhadap RUU APBN Perubahan 2015 serta terhadap rancangan dan revisi program legislasi nasional 2015 – 2019.

“Disetujuinya usul DPD RI untuk memasukkan pembahasan RUU OTSUS Plus untuk Papua dan Papua Barat menjadi bukti bahwa DPD RI serius memperjuangkan kepentingan daerah, terutama percepatan pembangunan di Tanah Papua,” katanya.

Proses selanjutnya yang akan ditempuh DPD atas usulan itu adalah mengagendakan pembahasan RUU Otsus bersama badan legislasi DPR RI. Jika proses itu sudah dilalui maka agenda berikutnya adalah membentuk panitia khusus (Pansus) yang akan memulai tahapan pembahasan RUU tersebut.

Abdullah Manaray mengatakan, dukungan rakyat di Tanah papua atas inisiatif DPD RI sangat dibutuhkan pihaknya. “Kami berharap mendapatn masukan dalam setiap tahapan pembahasan RUU OTSUS Plus ini,” kata Abdullah. |BUSTAM

Tinggalkan Balasan