Anggota Paspamres memberikan sepeda hadiah dari Presiden Jokowi kepada salah seorang pelajar. Jokowi membagikan 5 sepeda kepada pelajar dan warga yang hadir pada acara pembagian kartu 'sakti' di Anggrem, Kelurahan Padarni, Manokwari, Senin (11//5/2015). |CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Saat Sepeda Jokowi Jadi ‘Berkat’ untuk Lince

Lince Manggaprow, perempuan paru baya warga Jalan Brawijaya Manokwari  berjalan perlahan menyusuri jalan di kompleks pemukiman Teluk Sawaibu, Anggrem Manokwari Senin (11/5) pagi. Wajah tuanya tampak berseri. Ia didampingi sang cucu yang berjalan sambil mendorong sebuah sepeda yang masih dibungkus plastik. Sepeda berwarna hijau punya arti khusus bagi Lince karena itu merupakan pemberian orang nomor satu di negeri ini.

Laporan : ZACK TONU BALA

LINCE Manggaprow adalah satu dari 5 orang yang beruntung pada saat pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) oleh Presiden Joko Widodo. Mereka mendapatkan hadiah masing-masing satu unit sepeda dari Presiden ke-7 Republik Indonesia itu.

Janda beranak 9 itu mengaku sangat senang mendapat hadiah sepeda dari Presiden. Apalagi tujuan dirinya hadir pada acara itu sebenarnya hanya untuk mengantar cucunya yang menerima KIP. Dia sendiri belum terdaftar sebagai penerima kartu ‘sakti’ Jokowi itu.

“Perasaan Saya senang sekali. Saya tidak pernah membayangkan sama sekali bisa dapat sepeda dari Bapak Presiden, “ ucap Lince.

Bagi perempuan paru baya ini, hadiah sepeda dari Jokowi sangat berarti. Tidak hanya karena yang memberikan adalah orang nomor satu di negeri ini, sepeda pemberian Jokowi itu seakan membayar kegalauan hatinya selama ini.

Ia mengaku sudah sejak lama anak bungsunya yang saat ini duduk di bangku SMA kelas 2 berkeinginan memiliki sepeda. Si bungsu tidak meminta sepeda motor karena memahami kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan.

“Anak bungsu saya, dia punya cita-cita untuk beli sepeda tapi saya tidak punya uang yang cukup. Jadi Bapak Presiden sudah membawa berkat untuk saya, “ ujar Lince sembari menangis karena tak kuasa menahan rasa bahagia.

Kebahagian juga dirasakan Ona Marta Rumbiak, siswi SMP YPK 02 Manokwari. Ona juga mendapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi. “Senang sekali, “ ucap Ona saat dimintai komentarnya. “Sepeda ini saya akan pakai untuk bermain, “ lanjut dia.

Selain Lince dan Ona, ada 3 orang lain yang membawa pulang hadiah dari suami Iriana itu. Jokowi sengaja memberi kejutan kepada anak-anak sekolah maupun warga yang hadir untuk menerima kartu dari Presiden.

Awalnya, ia meminta sejumlah anak sekolah yang baru saja menerima KIP untuk menjawab pertanyaan yang dia ajukan. Pertanyaannya antara lain ‘sebutkan lima nama tumbuhan’, kemudian sebutkan 5 nama provinsi’ dan sebutkan nama hewan yang kecil-kecil’.

Bagi yang bisa menjawab dengan tepat, Kepala Negara memberikan hadiah sepeda yang sudah persiapkan sebelumnya.

Yang menarik, pada saat salah seorang ibu diminta Presiden untuk menyebutkan siapa nama lengkap dirinya, sang ibu menjawab, ‘Jokowi Widodo’. Sang ibu diminta mengulang lagi jawabannya. Tetap saja ibu rumah tangga itu menjawa, ‘Jokowi Widodo’.

Sontak jawaban itu membuat Kepala Negara dan semua yang hadir terpingkal-pingkal. “Sekarang nama saya jadi Jokowi Widodo, “ kata Presiden sambil tertawa. Kendati jawaban itu tidak sempurna, si ibu tersebut tetap membawa pulang sepeda pemberian Presiden. ***