Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Manokwari-Papua Barat Beberapa waktu lalu. (Doc ; Cahayapapua)

Sabtu, Presiden Jokowi Kunjungi Sorong

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Presiden Joko Widodo, Sabtu (8/10/2015) pekan ini akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong. Presiden akan meresmikan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek perkeretaapian Papua Barat.

“Sudah ada pertemuan antara Kementerian terkait, termasuk Kementerian Perhubungan di Jakarta. Pertemuan itu membahas rencana kunjungan kerja Presiden ke Papua Barat,”kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Barat, Bambang Heriawan Soesanto, Rabu (5/10/2016) kemarin.

Sesuai pertemuan tersebut, jelas dia, launching atau peluncuran program pengembangan KEK akan dilaksanakan di Pelabuhan Arar, Kabupaten Sorong. Sementara pelaksanaan groundbreaking akan dilaksanakan di Kota Sorong.

Sesuai jadwal, kunjungan kerja presiden akan dilaksanakan Sabtu 8 Oktober. Saat ini, pemerintah daerah masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian dan Pasukan Pengamanan Presiden(Paspampres).

Meskipun demikian, lanjutnya, pemerintah daerah sudah siap atas rencana kunjungan Mantan Wali Kota Surakarta Jawa Tengah tersebut.Dia mengungkapkan, pemerintah pusat terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Papua Barat. Kota Sorong dan Kabupaten Sorong menjadi salah satu lokasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Pembangunan Perkeretaapian Papua Barat adalah terobosan baru di daerah ini. Program tersebut, sepertinya menjadi fokus pemerintah untuk memperlancar transportasi angkutan barang maupun penumpang.Diharapakan, pembangunan ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Papua Barat.

Selain transportasi darat pemerintah pun terus meningkatkan pelayanan transportasi pengangkutan jalur laut. Hal itu terbukti melalui program tol laut yang sudah diluncurkan pada Desember 2015 lalu.

Pembangunan infrastruktur transportasi udara pun tak lengah dari perhatian presiden. Untuk memperlancar jalur penerbangan di daerah ini pemerintah berupaya untuk membangun baru dan mengembangkan bandara yang sudah ada.

Pembangunan bandara baru yang sudah dalam perencanaan pemerintah pusat adalah pembangunan bandara di Kabupaten Teluk Wondama. Sementara program pengembangan antara lain dilaksanakan terhadap Bandara Manokwari, Raja Ampat dan Kabupaten Manokwari Selatan.(IBN)

Tinggalkan Balasan