Marthen Luther Rumadas. Foto: Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Sakit, Tersangka Kasus 78 Miliar ML. Rumadas Dirujuk ke Jakarta

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comMantan Sekda Papua Barat, Marthen Luther Rumadas, tersangka korupsi APBD Papua Barat tahun 2012, senilai Rp. 78 Miliar, terpaksa menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit di Jakarta. Tersangka jatuh sakit saat ditahan di Lapas Abepura, Jayapura, Papua.

Menurut penyidik Kejaksaan Tinggi Papua, Alex Nuraya, SH saat dihubungi Via Ponsel, Senin (10/11/2014), tersangka sakit sakit pada Rabu (5/11/2014), sekitar pukul 22.00 WIT. Mendapat laporan tersebut, petugas Lapas langsung membawa tersangka berobat di rumah sakit Abepura. Akan tetapi, petugas medis tidak mampu mengatasi penyakit yang diderita tersangka, sehingga petugas Lapas memutuskan membawa Rumadas ke RSUD Dok II Jayapura. Lagi-lagi, karena terkendala peralatan medis di rumah sakit tersebut yang tidak memadai, akhirnya diputuskan untuk merujuk tersangka ke salah satu rumah sakit di Jakarta.

Berdasarkan laporan lengkap tim dokter yang menangani pemeriksaan pengobatan, tersangka mengalami sakit jantung. Laporan hasil pemeriksaan medis juga menyebutkan terdapat penyempitan di bagian jantung, sehingga untuk menyelamatkan tersangka perlu di pasang cincin di jantung untuk mampu bertahan.

“Bukti-bukti terkait tersangka M.L. Rumadas mengalami sakit dari tim dokter sudah dikantongi penyidik. Dari bukti pemeriksaan tersebut, penyidik berkesimpulan jika tersangka mengalami sakit dan perlu dilakukan perawatan medis,” ungkap Alex.

Meski demikian, Alex menambahkan status kasus korupsi terhadap tersangka Rumadas tetap berlanjut. “Proses penyidikan tetap berjalan, meski tersangka dirujuk berobat ke Jakarta. Penyidik sudah mempersiapkan dan mengatur jadwal pemanggilan terhadap sejumlah saksi-saksi lain dalam kasus ini,” tegas Alex.

Sejauh ini, Kejaksaan Tinggi Papua telah menetapkan 3 tersangka. Mereka adalah Mantan Sekda Papua Barat M.L. Rumadas, Dirut PT. Putra Papua Perkasa Rico Sia, serta mantan Pjs. Bank BNI Cabang Manokwari Roy Letlera. Rico Sia dan M.L. Rumadas mendekam di sel tahanan Lapas Abepura di Jayapura. |TAKDIR

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan