Bupati Bastian Salabai didampingi isteri bersama pimpinan BUMN-BUMD usai mengikuti upacara bendera memperingati Hari Jadi Kota Manokwari ke-116 di Distrik Masni, 8 November 2014. | CAHAYAPAPUA.com |Zack Tonu Bala

Salabai Tegaskan Komitmen Membangun dari Kampung

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah kabupaten Manokwari bertekad mewujudkan pembangunan yang adil dan merata. Wilayah yang ada di kampung dan daerah terpencil sedapat mungkin bisa merasakan kemajuan yang tidak berbeda jauh dengan wilayah perkotaan.

Maka dari itu, program membangun dari kampung ke kota dengan mengalokasikan 60 persen belanja publik untuk pembangunan di kampung-kampung dan 40 persen di wilayah perkotaan, yang sudah dimulai dalam tahun anggaran 2014 ini akan tetap dilanjutkan pada tahun 2015.

Hal ini telah menjadi komitmen pimpinan daerah. Karena itu semua jajaran di bawah terutama pimpinan SKPD wajib mengimplementasikan secara sungguh-sungguh agar kesenjangan pembangunan antara kampung dan kota secara bertahap dapat dikikis. Sehingga pada gilirannya, masyarakat di kampung juga dapat merasakan kemajuan yang sama dengan yang ada di kota.

Bupati Manokwari Bastian Salabai menegaskan hal itu dalam pidatonya pada upacara bendera memperingati hari jadi kota Manokwari ke-116 yang dipusatkan di lapangan sepakbola SP-7 distrik Masni, Sabtu (8/11/2014).

“Sebab indikator kemajuan suatu daerah adalah apabila kampung itu sudah maju, “ ujar Bupati. Hal yang sama juga kembali ditegaskan orang nomor satu Manokwari itu dalam sambutannya pada acara resepsi usai upacara di kantor distrik Masni.

“APBD 2015, 60 persen untuk pembangunan di kampung dan 40 persen di kota. Ini harga mati. SKPD mau tidak mau, suka tidak suka harus jalankan, “ tandas Salabai.

Bupati juga mengajak masyarakat berperan serta mendukung program pembangunan dengan selalu menjaga kebersamaan serta persatuan dan kesatuan dengan semua elemen masyarakat lainnya, tanpa memandang SARA.

“Jangan kita memperdebatkan lagi perbedaan yang ada di antara kita. Semua komunitas yang tinggal di kabupaten Manokwari ini merupakan potensi dan kekuatan kita. Jika kita semua bersatu, maka kekuatan itu akan semakin solid dan tangguh di dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan, “ ucap Salabai.

Kepala kampung Prafi Barat, distrik Prafi Yosep Meidodga menyatakan mendukung program membangun dari kampung ke kota yang dicanangkan Bupati. Namun, dia berharap, itu tidak sekedar slogan belaka tetapi harus bisa diwujudkan secara nyata sehingga masyarakat di kampung-kampung juga bisa merasakan kemajuan.

“Kami minta Pemda perhatikan infrastruktur seperti jalan, jembatan menuju ke kampung. Juga perlu dibangun sekolah lagi tapi juga harus tambah guru dan untuk kesehatan, tambah mantri lagi, “ kata Yosep di sela-sela resepsi di Masni.

Perayaan ulang tahun kota Manokwari ke-116 dihadiri oleh unsur Muspida kabupaten Manokwari, pimpinan beserta anggota DPRD, para pejabat SKPD, kepala distrik dan kepala kampung se dataran Masni dan sekitarnya.

Upacara bendera sendiri diikuti ratusan pelajar SD sampai SLTA di wilayah Masni dan Prafi, personil TNI/Polri serta anggota komunitas di distrik Masni. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan