Parade 'Baju Merah dilakukan warga Gereja Kristen Injili (GKI) Klasis Wondama di Teluk Wondama, menyambut bulan GKI, Selasa, 3 Oktober 2017.

Sambut bulan GKI, jemaat gelar parade bersama pakai baju merah

WASIOR, Cahayapapua.com— Jemaat GKI (Gereja Kristen Injili) Klasis Wondama menyambut hari jadi ke-61 GKI di tanah Papua pada 26 Oktober mendatang dengan menggelar parade, Selasa  sore (3/10). Kegiatan ini juga untuk memeriahkan bulan Oktober yang telah ditetapkan Sinode GKI sebagai Bulan GKI.

Parade dengan berjalan kaki bersama dari pelataran pelabuhan Wasior ke lapangan Miei diikuti ratusan warga jemaat GKI se kota Wasior dan sekitarnya. Peserta parade yang juga terdiri atas anak-anak sekolah minggu kompak menggunakan baju merah yang merupakan warna kebesaran GKI.

Rombongan peserta parade jalan kaki bersama dilepas oleh Kepala Departemen Pekabaran Injil Sinode GKI di tanah Papua pendeta Hanz Wanma. Ikut melepas Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi dan Wakil Ketua Klasis GKI Wondama pendeta Barnabas Wonggor.

Parade dirangkai pula dengan pencanangan  tanggal 4 Oktober sebagai hari ibadah syukur oleh Ketua Klasis GKI Wondama pendeta Rosalie Wamafma. Pencanangan ini merujuk pada peristiwa banjir bandang yang menerjang kota Wasior pada 4 Oktober 2010.

Dalam sambutannya pendeta Ros berharap perayaan Bulan GKI menjadi momentum untuk membuat GKI semakin besar dan kuat tidak hanya sebagai lembaga gereja tetapi dalam hal pertumbuhan iman.

“Ini menjadi sesuatu yang baik dan besar yang akan kita lakukan ke depan karena tanah Papua terutama tanah Wondama ini maju juga ditentukan oleh warga GKI,” kata pendeta Ros.

Sementara terkait penetapan bulan Oktober sebagai Bulan GKI, menurut pendeta Hanz Wanma hal tersebut merupakan hasil keputusan sidang Sinode GKI di tanah Papua di Kabupaten Raja Ampat tahun 2016.

Adanya sejumlah peristiwa penting yang berkaitan dengan GKI yang terjadi pada bulan Oktober menjadi dasar penetapan.  Peristiwa penting tersebut antara lain  ulang tahun GKI yang jatuh 26 Oktober.

Juga 31 Oktober yang dinyatakan sebagai hari reformasi bagi Gereja Protestan dunia. Pada 500 tahun lalu Marten Luther King membentuk aliran baru  terpisah dari agama Katolik Roma yang sekarang dikenal dengan agama Kristen Protestan.

“Klasis GKI Wondama yang pertama kali dari 69 Klasis GKI se tanah Papua yang merayakan Bulan GKI dengan melaksanakan parade pada hari ini,” ucap pendeta Wanma yang merupakan mantan Ketua Klasis GKI Wondama. (brv)

Leave a Reply

%d bloggers like this: