Suasana aksi donor darah yang diselenggarakan Dinas Kesehatan dalam rangka HKN.

Sambut HKN, Dinkes kumpulkan 19 kantong darah

KAIMANA, Cahayapapua.com— Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana menggelar sejumlah kegiatan lomba melibatkan staf dinas dan masyarakat umum. Salah satu yang sudah dilaksakan adalah aksi donor darah yang terpusat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (9/11/2017).

Dari aksi donor darah ini, terkumpul sebanyak 19 kantong darah, masing-masing berasal dari 19 pendonor bergolongan darah A sebanyak 6 orang, B (2), O (9) dan golongan darah AB sebanyak 2 orang. Darah yang disumbangkan ini selanjutnya diserahkan ke RSUD Kaimana untuk membantu pasien yang membutuhkan.

Ketua Panitia HKN, Markus Weju kepada Cahaya Kaimana disela kegiatan donor darah menjelaskan, aksi donor darah ini merupakan  satu dari beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-53 tahun ini. Aksi donor darah ini dilakukan oleh keluarga besar Dinas Kesehatan dan Puskesmas, juga untuk masyarakat umum yang ingin menyumbangkan darah bagi yang membutuhkan.

“Dalam rangka HKN kita libatkan teman-teman Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk melakukan donor darah, supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Sumbangan darah ini akan kami serahkan ke rumah sakit. Selama ini sering masyarakat dari kampung-kampung yang berobat ke rumah sakit kadang HB-nya rendah. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa sedikit membantu persoalan masyarakat,” ujar Weju.

Ditambahkan, selain donor darah, hari ini Jumat (10/11) Dinas Kesehatan melalui panitia HKN bekerjasama dengan pihak laboratorium RSUD, juga akan melakukan pemeriksaan darah gratis bagi siswa-siswi kelas VI SDI Matoa, SDN Coa dan SD Negeri I Kota Kaimana bertempat di sekolah masing-masing. Pada hari yang sama juga dilaksanakan sejumlah lomba, diantaranya; menggambar, gawang mini dangdut dan fafalan pancasila.

“Nanti hari Sabtu dilanjutkan dengan lomba pidato melibatkan siswa-siswi SMA dan SMK, serta senam cerdis. Puncak HKN sendiri akan dilaksanakan pada Senin 13 November bertempat di Puskesmas Kaimana Kota. Pada puncak peringatan nanti, kita hanya menggelar resepsi,” tutup Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana ini. (isa)

Tinggalkan Balasan