Umat Islam Kota Kaimana pada peringatan 1 Muharram 1436 Hijriyah. Foto: CAHAYAPAPUA.com/Isabela Wisang

Sambut Tahun Baru Hijriyah, Umat Islam Kaimana Pawai Simpatik

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com- Difasilitasi Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Sabtu 25 Oktober, ribuan umat Islam Kota Kaimana menggelar pawai simpatik menyambut tahun baru 1 Muharam 1436 Hijriyah. Pawai yang mengitari sejumlah titik Kota Kaimana ini dilepas resmi oleh Wakil Bupati Kaimana, Burhanudin Ombaer, S.Sos dari titik star Taman Kota Kaimana.

Selain menggelar pawai simpatik yang mengambil finish di halaman sekolah Yapis, kegiatan lain yang dilaksanakan menyambut tahun baru hijriyah berdasarkan penjelasan Ketua PHBI Safar Furuada adalah lomba busana muslim dan lainnya, serta tabligh akbar di Halaman Sekolah Yapis pada Minggu malam.

Wabup Burhan Ombaer dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai simpatik mengatakan, tahun baru 1436 Hijriyah merupakan era kebangkitan umat islam. Tahun dimana umat Islam diberikan kesempatan yang baru untuk hidup lebih baik lagi. Wabup berharap, di tahun baru 1436 hijriyah, umat islam memperbaharui komitmen serta visi-misi untuk hidup yang lebih baik. Kebersamaan yang telah terjalin baik selama ini lanjut Wabup, diharapkan terus dipelihara.

Lebih jauh Wabup mengucap terima kasih kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Kaimana, yang selama ini telah bekerjasama mengisi pembangunan di Kabupaten Kaimana bersama Pemerintah Daerah selaku mitra. Pemerintah daerah, akan terus memberikan perhatian terhadap pembangunan iman umat beragama, baik pembangunan mental maupun fisik. Setiap tahun lanjut Wabup, Pemerintah Daerah mengalokasikan dana untuk pembangunan rumah ibadah dan memberikan kesempatan kepada tokoh islam menunaikan ibadah haji.

“Namun kita semua ketahui, dengan proses yang cukup sulit, tentunya ini bagian dari cobaan bagi kita. Apapun yang hari ini kita hadapi, mari kita sama-sama melihat itu dengan baik. Tidak ada persoalan yang susah, semua persoalan pasti ada solusi untuk kita selesaikan bersama,” kata Burhan Ombaer.

“Dalam rangka memperingati 1 Muharam, atas nama pemerintah daerah, kami mengajak seluruh umat islam di Kabupaten Kaimana agar membangun silaturahim dengan siapa saja untuk mengisi pembangunan,” tambah Wabup. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan