Bupati dan wakil bupati Manowkari, Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo.

“Sangat Tidak Disiplin” Bupati Demas Siapkan Sidak PNS

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan membocorkan salah satu aksi yang akan dilakukan dalam waktu dekat berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas layanan publik dalam masa awal pemerintahannya.

Inspeksi mendadak (sidak) adalah aksi yang dimaksud Demas. Sidak akan dilakukan kemungkinan besar ke semua kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah. “ (Sidak) dalam waktu dekat,” ucap Demas usai serah terima jabatan bupati Manokwari dari Plt. FM Lalenoh, Kamis (18/2).

Demas mengatakan sidak digelar untuk memastikan kinerja dan kehadiran para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari mulai dari pimpinan SKPD hingga pegawai honorer.

Mantan Kepala Sub Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Papua Barat ini menambahkan, ia dan wakilnya Edy Budoyo menganggap sidak penting karena PNS dalam beberapa tahun terakhir “sangat tidak disiplin” dalam bekerja.

Selain tidak disiplin, kehadiran PNS di lingkungan Pemda Manokwari dalam melayani masyarakat, nilai Demas, juga sangat rendah, meskipun menurutnya masih ada yang cukup rajin berkantor.

“Ini jelas berbanding terbalik dengan upah yang diterima PNS bersangkutan,” kata Demas. “PNS yang rajin masuk tetap punya gaji yang sama dengan PNS yang malas masuk.”

Demas menekankan bahwa pelayanan prima kepada masyarakat merupakan tugas pemerintah sehingga ia berjanji akan melakukan evaluasi terhadap PNS yang memiliki kinerja buruk. |ADITH SETYAWAN