Tarian Papua

Sanggar Tari Banyak Terdaftar, Tapi yang Aktif Sedikit

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kabupaten Manokwari banyak melahirkan seniman-seniman Papua yang handal, khususnya dari seni tari-tarian adat Papua. Ini dapat dilihat dari banyaknya sanggar tari yang lahir di daerah ini. Dan telah mengharumkan nama Manokwari, Papua Barat dan Indonesia diberbagai kancah.  

Namun, banyaknya sanggar tari yang dibangun, hanya sedikit yang aktif dalam menjalankan seni budaya tari asli Papua. Ini diungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, Ruland Sarwom, Senin (10/10/2016) siang.

Ruland mengatakan, sejauh ini dari data yang diperolehnya, sebanyak kurang lebih 40 sanggar tari telah terdaftar di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, namun hanya segelintir yang aktif dalam menjaga budaya asli Papua.

“Banyak yang mendaftar tapi di lapangan mereka tidak aktif, makanya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mengecek keberadaan sanggar-sanggar ini,” jelas Ruland.

Padahal masalah seni budaya wajib diperhatikan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta, baik dari sisi masalah ketersediaan anggaran hingga dukungan terhadap sarana pra sarananya. “Mudah-mudahan tahun depan kita bisa perhatikan sanggar-sanggar ini, karena banyak sanggar yang sudah mengharumkan nama Manokwari dan Papua Barat,” tegasnya. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan