Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan
Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan

Sanksi Pemecatan Menanti PNS Nakal

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Seruan Manokwari bebas pungli (pungutan liar) terus disuarakan. Jika sebelumnya seruan ini dikumandangkan Sekda dan Wakil Bupati, kali ini orang nomor satu di Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan secara tegas mengatakan siap memberikan sanksi tegas kepada setiap pelaku pungli.

Mengingat terdapat beberapa pelayanan pemerintah telah diamanat untuk bebas dari pungutan biaya yang ditarik dari masyarakat, salah satunya seperti pembuatan KTP, Akte, Kartu Keluarga dan beberapa layanan pemerintah lainnya.

Bupati mengatakan, sanksi tegas akan diberikan terdapat oknum pegawai negeri sipil maupun tenaga kerja honorer jika kedapatan melakukan pungli.

“Saya tidak akan kompromi kalau ada pungli-pungli baik itu staf maupun pejabat kalau sampai ada maka saya langsung pecat, dan itu resikonya,”tegas bupati.

Hal tersebut merupakan sanksi terberat yang akan diambil bupati jika aksi pungli yang dilakukan sudah sangat meresahkan warga dan telah mencoreng nama Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Sanksi lain yang siap ditegakkan bupati bagi oknum pungli yakni menempatkan oknum PNS tersebut ditempat tugas terjauh dan terluar di Kabupaten Manokwari.

Mengingat visi misinya dalam memimpin Kabupaten Manokwari adalah menjadikan Kabupaten Manokwari yang bersih dari segala pungli serta korupsi, aman, indah dan sejahtera serta mempunyai ASN yang disiplin baik dalam bekerja maupun dalam pengelolaan anggaran.

Ia juga berpesan jika setiap masyarakat dalam memperoleh pelayanan pemerintah yang seharusnya digratiskan, namun mendapat pungutan, maka sudah sepantasnya masyarakat melaporkan hal tersebut, sehingga aksi pungli yang selama ini terjadi bisa dihentikan. (ACS)

Tinggalkan Balasan