Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.
Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.

Sanksi Penahanan Gaji Siap Diterapkan pada SKPD “Bandel”

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan menegaskan setiap pejabat Pemerintah Kabupaten Manokwari wajib menyelesaikan semua rekomendasi yang diberikan oleh BPK pada saat pemberian Opini WDP beberapa waktu lalu kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Menurutnya rekomendasi tersebut merupakan catatan penting yang harus dikerjakan Pemerintah Kabupaten Manokwari guna mewujudkan target pemerintah dalam mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dimana terdapat catatan BPK RI Perwakilan Papua Barat yang saat ini menjadi pekerjaan runah dari Pemerintah Kabupaten Manokwari yakni Pendataan Aset Pemerintah Manokwari, Sisa Kas Anggaran serta PFK.

“Jadi untuk sisa kas dan PFK ini saya tegaskan SKPD bersangkutan harus segara diselesaikan karena kalau tidak akan ada sanksi,”tegas bupati.

Sanksi dimaksud adalah penahanan gaji dari pimpinan SKPD, bendahara hingga sekretaris pada SKPD yang belum menyelesaikan rekomendasi dari lembaga pemerintah tersebut.

Pembayaran gaji baru bisa dilakukan jika semua setoran Sisa Kas Anggaran dan PFK yang dimaksudkan BPK telah diselesaikan oleh SKPD tersebut, sehingga praktis selama catatan BPK belum diselesaikan maka terhitung mulai bulan November beberapa gaji dari pejabat SKPD akan ditahan.

“Jadi sistem gajinya akan diblokir di bank dan tidak akan diproses sampai semua kewajibannya sudah disetor dan dilunasi maka baru hak-hak itu diterima, karena selama ini saya sudah bicara tapi tidak ada tindakan, jadi gaji mulai akan ditahan pada bulan November ini bagi SKPD yang belum menyelesaikannya,” tegas Bupati sembari menambahkan hal ini akan berlaku hingga bulan Desember mendatang.

Disampung itu, bupati juga berpesan kepada semua bendahara agar setiap laporan pengunaan anggaran serta laporan lainnya wajib dikerjakan sebelum akhir Desember, mengingat faktor penghambat yang selama ini terjadi adalah sering terlambatnya laporan pertanggungjawaban. (ACS)

Tinggalkan Balasan