Suasana pertemuan Tim Satgas Perlindungan Kekerasan untuk mengawali aksi.

Satgas Layanan Perlindungan Korban Kekerasan Terbentuk

KAIMANA, Cahayapapua.com— Dalam rangka mendukung kegiatan pencegahan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Kabupaten Kaimana, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah membentuk Tim Satuan Gugus Tugas Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan. Pembentukan tim didasarkan pada surat keputusan Bupati Kaimana.

Adapun tim ini diketuai oleh Miskia Fidmatan, yang keseharian menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Miskia dibantu Wakil Ketua Markus Tanggarofa dari Dinas Sosial dan sekretaris Ramina Furu.

Tim ini memiliki lima sub gugus tugas dengan keanggotaan yang berasal dari beberapa instansi terkait. Sub gugus dimaksud adalah sub gugus tugas partisipasi anak, sub gugus tugas pelayanan kesehatan, sub gugus tugas pelayanan psikologi, sub gugus tugas pelayanan sosial dan sub gugus tugas pelayanan hukum. Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Joice Tuanakota sendiri berkedudukan sebagai pembina.

Tim yang telah terbentuk ini akan melaksanakan tugas utama yakni; menerima pengaduan permasalahan yang timbul berkaitan dengan perempuan dan anak; melakukan pengawasan dan pembinaan atas pelaksanaan perlindungan dan penanganan perempuan dan anak di wilayah masing-masing; selanjutnya berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya penanganan perempuan dan anak di wilayah masing-masing.

Kemarin, Kamis (23/2/2017) bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, berlangsung rapat koordinasi keanggotaan sekaligus sosialisasi panduan tugas yang dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Drs. La Tambaga. Pembentukan tim satuan gugus tugas layanan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan ini sendiri, mengacu pada beberapa peraturan perundang-undangan, peraturan pemerintah dan juga peraturan daerah Kabupaten Kaimana. (ISA)

Tinggalkan Balasan