Tim Satgas Saber Pungli Teluk Bintuni

Satgas Saber Pungli Bintuni Mulai Bekerja

BINTUNI, Cahayapapua.com— Usai dikukuhkan oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw beberapa waktu lalu, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Teluk Bintuni sudah mulai menjalankan tugasnya. 

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Unit Penindakan, AKP M. Jadi Permana pekan kemarin mengatakan kendati belum ada hasilnya, pihaknya sudah melakukan penyelidikan di beberapa tempat. Soal instansi mana saja yang telah diselidiki, ia enggan menyampaikan, karena masih bersifat menyelidiki.

“Saber Pungli selaku Kasat Reskrim yaitu bagian penindakan, kita sudah melakukan penyelidikan apakah ada tindakan pungutan liar atau tidak, nanti akan kami sampaikan,” kata Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni, di ruang kerjanya.

Sementara menurut Sekretaris 3 Satgas Saber Pungli, I Wayan Sidia, pihaknya akan lebih fokus untuk pencegahan. Namun apabila harus diproses hukum akan dilakukan. Hal ini untuk memberikan efek jera.

“Didalam tim ini ada pokja yaitu Pokja intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Kita kerjakan, kalau bisa kita mengurangi, mencegah. Tapi kalau memang harus penindakan ya.. harus kita tindak. Penindakan sendiri penanganannya oleh polisi,” kata Sidia.

Dikatakan, pada 17 Januari juga telah dilakukan pertemuan tim Satgas Saber Pungli daerah dengan puat melalui video conference, di ruang data Polres Teluk Bintuni. Dalam pertemuan tersebut beberapa penekanan dari pusat yakni mengenai daerah yang belum memiliki tim saber pungli segera membentuk, dan soal anggaran untuk operasional.

“Ada arahan-arahan dari pusat untuk persamakan persepsi. Terkait dengan anggaran, secara garis besarnya kita akan perhitungkan. Sesuai dengan SK Bupati memang anggaran dibebankan di APBD Teluk Bintuni, namun akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran di amsing-masing kabupaten. Sementara anggaran dari pusat tidak ada, karena sesuai dari tupoksi masing-masing suda ada anggaran yang disediakan,” katanya.

Sekretaris Inspektorat juga menjelaskan saat ini tim masih merumuskan anggaran operasional yang akan diajukan ke pemerintah daerah. kendati Belum ada anggaran dari Pemda, tim ini sudah bergerak menjalankan tugas.

“Secara garis besar sudah sampaikan, tapi akan disesuaikan dengan keadaan keuangan daerah yang ada. Tapi kami tidak berfikir soal anggarannya, kami kerja dulu. Secara tupoksi sudah ada dan harus melaksanakan tugas-tugasnya,” katanya lagi. (ART)

Tinggalkan Balasan