Ilustrasi

Satlantas ingatkan pemilik plat nomor abal-abal

MANOKWARI, Cahaypapua.com— Kepolisian Resor Manokwari mengingatkan pemilik kendaraan bermotor, yang menggunakan plat nomor abal-abal, untuk menaati aturan kepemilikan kendaraan.

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sunarko di ruang kerjanya, Kamis (5/10).

Pernyataan Sunarko ini berkaitan dengan pemberitahuan Polres Manokwari mengenai sweeping surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor yang tengah digalakkan Polres Manokwari.

Sejauh ini sweeping tersebut telah menjaring 15 unit kendaraan bermotor dengan berbagai pelanggaran. Pelanggaran tanpa TNKB  1 unit, pengendara tidak menggunakan helm 7 unit dan belasan kendaraan lainnya tanpa kelengkapan surat kendaraan. “Sepeda motor yang terjaring dalam razia kami diamankan di Satlantas Polres Manokwari, “ujarnya.

Dikatakan saat ini banyak dijumpai pengendara yang memodifikasi plat nomor seperti mengatur huruf, mengubah angka seolah-olah menjadi huruf, mengubah huruf seperti huruf digital, menempel stiker, menggunakan huruf miring dan huruf timbul, dibuat diluar ukuran, mengubah warna dan ditutup mika sehingga warna berubah.

Ada juga yang angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat piloks sehingga nomor asli tersamar warna catnya dan sulit untuk dibaca.

Sunarko mengimbau lapisan masyarakat agar menggunakan TNKB sesuai dengan yang telah ditetapkan, karena Satlantas Polres Manokwari akan melakukan penindakan bagi pengendara yang melanggar dan tidak tebang pilih.

“Pelanggaran tanpa penggunaan TNKB bisa dipidana dengan kurungan penjara paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp. 500 ribu,” jelasnya. (CR80)

Tinggalkan Balasan