Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kebakaran setelah api berhasil dipadamkan, di Reremi baru-baru ini. Foto: Budiman|Manokwari

Satpol PP Manokwari Minta Mobil Damkar Diperbaiki

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Kepala Satpol PP Kabupaten Manokwari AKP Frederik Rumfabe mengaku, satu-satunya mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dimiliki Pemda saat ini dalam keadaan tidak layak pakai. (Baca: Pemilik Baru Saja Tidur, Toko Mega Mandiri di Manokwari Terbakar)

Meskipun mobilnya sendiri masih bisa beroperasi, namun bak penampung sudah mengalami kebocoran akibat korosi. Sejumlah peralatan lain juga dalam kondisi rusak sehingga tidak bisa berfungsi.

“Mobil damkar kita itu sudah lama ada. Cuma mobil perlu perbaikan lagi dan diganti supaya bisa berfungsi dengan baik. Rencana ke depan akan kita manfaatkan secara baik dengan berkoordinasi dengan BPBD, “ kata Rumfabe, baru-baru ini di kantor bupati di Sowi Gunung.

Soal kesiapan personil, dia mengklaim sejumlah petugas Satpol PP telah memiliki keahlian karena telah mengikuti pelatihan Damkar. Hanya saja pelatihan yang diikuti tidak kontinyu sehingga keterampilan yang dikuasai belum sepenuhnya memadai.

Apalagi jumlah personil terlatih juga masih terbatas. “Tenaga Satpol siap tapi mungkin kita perlu benahi lagi, “ucap Rumfabe.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi kebakaran yang menimpa salah satu kios di Reremi Permai. Kios beserta isinya akhirnya ludes dilalap si jago merah akibat ketiadaan mobil pemadam. Damkar milik Pemda memang sempat datang, namun tidak bisa berbuat apa-apa karena sebagian besar peralatannya tak bisa berfungsi. (Kebakaran di Manokwari: Tunggu Pemadam Kebakaran, yang Datang Water Canon, Macet Pula…)

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Manokwari Raymon Yap menilai keberadaan mobil damkar sudah mendesak mengingat Manokwari kini semakin padat sehingga potensi kebakaran menjadi kian tinggi.

Sesuai peraturan terbaru, damkar berada di bawah kendali BPBD. Raymon pun berharap, Pemda menambah lagi jumlah mobil damkar. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan