Sekretaris DPD Demokrat Papua Barat, Arifin, SE.

SBY Minta Demokrat Tajamkan Elektabilitas Kandidatnya

Rapat koordinasi nasional (Rakornas) partai Demokrat di Surabaya, Provinsi Jawa Timur baru-baru ini menekankan penajaman dari sisi popularitas, elektabilitas, kapabilitas dan aksesibilitas bakal calon gubernur di sejumlah provinsi, termasuk di Papua Barat.

SEKRETARIS DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat, Arifin mengatakan, penajaman tersebut diperintahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

“Hasil survei sangat menentukan arah dukungan partai kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Diharapkan pada saat pendaftaran nanti tidak ada kealpaan disemua aspek, baik administrasinya maupun keterpilihan,” kata Arifin, Rabu (23/3/2016).

Kata Arifin, partai telah menyelesaikan proses penjaringan sehingga diharapkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi syarat tetap mendaftarkan diri sesuai syarat administrasi dari KPU.

“Demokrat masih membuka ruang bagi calon gubernur maupun wakil gubernur yang memenuhi syarat untuk melengkapi syarat administrasi. Kita harapkan panitia penjaringan juga tetap bersinergi dengan mereka,” ujarnya.

Menurutnya, Partai Demokrat memenuhi syarat 20 persen terkait pencalonan sehingga para bakal calon yang memenuhi prasyarat yang diajukan oleh partai harus dipenuhi termasuk ketentuan Undang-Undang Otsus.

“Kita harapkan di bulan April mendatang hasil survei itu sudah ada sehingga calon yang didukung oleh Demokrat mampu memenuhi harapan masyarakat dan memenangkan Pilkada,” ujar Arifin menambahkan.

 

Hanura Sesumbar

Sementara itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sesumbar bisa meraih kemenangan pada Pilkada Papua Barat tahun 2017 mendatang. Kemenangan serupa juga dapat diraih pada pilkada Kota Sorong, Kabupaten Maybrat dan Tambrauw.

Sekretaris DPD Hanura Provinsi Papua Barat, Jhon Dimara mengatakan, keyakinan bahwa Hanura bisa meraih kemenangan di sejumlah daerah itu mengacu pada salah satu keberhasilan Hanura yang mampu mendudukan kepala daerah dan wakil kepala daerah di lima daerah.

“Dengan berkoalisi bersama sejumlah partai politik, Hanura memenangkan pilkada di kabupaten Manokwari, Pegunungan Arfak, Sorong Selatan, Fakfak dan Kaimana,” kata Jhon.

Menurut Jhon, optimisme meraih kemenangan pada pilkada Kota Sorong, Kabupaten Maybrat dan Tambrauw dilihat dari jumlah kursi di tiga daerah tersebut.

“Termasuk Pilkada gubernur dan wakil gubernur Papua Barat, Hanura berkoalisi dan kami akan menang. Artinya, Hanura siap bersaing dengan partai Golkar dan Demokrat,” ujarnya.

Jhon menambahkan, kemenangan ini akan menjadi modal bagi Hanura untuk meraih kemenangan pada pemilu tahun 2019.

“Konsolidasi partai sudah kita lakukan di 13 DPC se-Papua Barat. Hanura akan meraih kemenangan pada pemilu 2019 kedepan,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan