Fitness Indonesia. Foto Ilustrasi: Ist

Seberapa Sering Kita Harus Berolahraga?

CAHAYAPAPUA.com– Mungkin anda sering bertanya-tanya, “Kalau tujuan saya seperti ini, kira-kira berapa kali seminggu latihan yang pas?” atau “Kok aku sudah berlatih rutin sekian kali per minggu selama beberapa bulan, tapi hasilnya kurang maksimal. Apa latihannya kurang atau justru terlalu banyak?”

Sebenarnya, ini adalah pertanyaan yang perlu anda jawab sendiri secara frekuensi latihan yang optimal bagi setiap orang akan berbeda-beda, tergantung jadwal keseharian mereka, pengalaman latihan mereka, tujuan mereka, serta pola latihan mereka.

Dari pengalaman saya sebagai fitness coach, saya telah menggunakan berbagai macam frekuensi latihan dengan hasil yang tetap memuaskan, mulai dari 2 kali seminggu sampai dengan 5 kali seminggu atau bahkan 2 kali sehari.

Jadi, yang akan saya tulis disini adalah memberikan anda penerangan bagaimana menentukan frekuensi latihan ideal anda sendiri, berdasarkan faktor-faktor yang saya sebutkan di atas tadi.

1. Jadwal Keseharian

Semakin padat jadwal keseharian anda, tentu saja semakin sempit waktu istirahat anda. Nah, semakin sempit waktu istirahat anda, semakin rendah frekuensi latihan anda

2. Pengalaman Latihan

Orang yang sudah lama berlatih secara rutin akan menjalani pola latihan yang semakin sulit dan berat. Oleh karena itu, frekuensi latihannya tak bisa setinggi seorang pemula yang baru mulai latihan secara rutin

3. Tujuan

Apabila tujuan anda membakar lemak, frekuensi latihan anda bisa lebih tinggi daripada apabila tujuan anda membentuk otot. Apabila tujuan anda meningkatkan strength, frekuensi latihan anda akan lebih rendah lagi

4. Pola Latihan

Pola latihan yang semakin advanced akan lebih menguras tenaga dibandingkan pola latihan yang memang diperuntukkan bagi pemula, sehingga tak heran jika frekuensi latihan untuk pola latihan advanced akan lebih rendah dibandingkan pola latihan pemula.

Nah, sekarang anda sudah tahu faktor-faktor yang menentukan frekuensi latihan yang optimal bagi anda. Lalu, berapa kali seminggu frekuensi latihan yang tepat untuk anda?

| Sumber: Intisari-Online.com

Tinggalkan Balasan