Minuman keras yang dipaket dalam karton rokok lalu disimpan dalam kontainer kemudian diselundupkan ke Manokwari, berhasil digagalkan polisi di Pelabuhan Manokwari, Rabu (11/2/2015). | CAHAYAPAPUA.com | Takdir

Sebuah Perusahaan EMKL di Manokwari Terancam Pidana Gara-gara Angkut Miras

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Polres Manokwari berhasil mengagalkan upaya penyelundupan minuman keras di Pelabuhan Manokwari, Rabu (11/2/2015). Miras tersebut dipaket dalam karton rokok kemudian ditimbun bersama barang-barang lain di dalam kontainer.

Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut (KSKP) dibantu Satuan Reskrim Narkotika Polres Manokwari menggalkan penyelundupan Miras tersebut setelah menginterogasi seseorang yang diketahui sebagai pemilik barang haram tersebut.

Berdasar keterangan lapangan, paket minuman keras itu diselundupkan melalui kapal barang yang berlabuh di pelabuhan Manokwari, kemarin pagi. Miras tersebut ditumpuk dengan barang kebutuhan pokok dan peralatan motor dalam kontainer.

Ada sekitar 4 kontainer yang dicurigai berisi Miras. Meski demikian, kemarin polisi belum memeriksa 2 kontainer lainnya. Rencananya pemeriksaan akan dilakukan hari ini.

Jenis miras yang ditemukan sebuah kontainer yang telah diperiksa adalah jenis Vodka dan black label. Sebuah kontainer lagi hanya berisi mobil dan tisu.

Kepala KSKP Manokwari AKP Rickky Atmaja mengatakan hasil pemeriksaan terhadap 2 kontainer ditemukan 23 karton minuman keras, terdiri dari 22 karton berisikan 1056 botol vodka jumbo, serta sebuah karton berisikan miras black label berjumlah 35 botol. “Total Miras yang di temukan dalam kontener berjumlah 1091 botol,” kata Atmaja.

Sementara itu, pemilik miras yang tak disebutkan identitasnya telah serahkan ke Reskrim Narkotika Polres Manokwari. KSKP menurut Rickky Atmaja hanya akan menangani dugaan pemalsuan dokumen faktur pengiriman barang dari Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) tersebut.

“Dalam faktur tidak tercantum adanya miras, namun kenyataan di lapangan terdapat adanya 23 karton miras tersimpan rapi dalam kontener yang dikirim dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,menuju ke Pelabuhan Laut Manokwari.”

Polisi akan mengenakan tindak pidana pada EMKL, dengan pidana pemalsuan dokumen, sedangkan pemilik miras akan dikenakan tindak pidana ringan, dimana pemilik miras tersebut akan di sidangkan di Pengadilan Negeri Manokwari.

Barang bukti minuman keras tersebut telah diangkut polisi menggunakan truck polisi ke Polres Manokwari untuk didata Satuan Reskrim Narkotika dan Obat Terlarang. |TAKDIR