Ilustrasi. Foto: Ist

Sejak Januari 2014, Papua Barat Diguncang Gempa 12 Kali

MANOKWARI-Untuk wilayah Papua dan Papua Barat sepanjang tahun 2014 hingga bulan November telah terjadi 37 gempa bumi dengan kekuatan gempa bervariasi.

“Untuk catatan saya untuk wilayah Papua Barat sepanjang tahun 2014 hingga saat ini (bulan November) sudah terjadi sudah sebanyak 12 kali gempa,”kata kepala BMKG Manokwari Denny Putiray baru-baru ini.

Denny menjelaskan gempa yang terjadi di Papua Barat meskipun bervarias, tetapi kekuatan gempa yang terjadi di Papua Barat rata-rata masih berada di bawah 5 skala richter (SR).

“Untuk Papua Barat kekuatan gempa terbesar sepanjang tahun ini adalah 5.6 skala richter yang terjadi di Kaimana pada tanggal 8 Maret, sedangkan untuk terendahnya sebesar 3.1 skala richter yang terjadi di Manokwari,” jelasnya.

Denny menambahkan, gempa dengan kekuatan kecil sering terjadi namun masyarakat tidak menyadarinya dikarena kesibukan dengan berbaga aktifitasnya.

“Biasa gempa kecil tidak dirasa keculai pada saat kita sedang tidur baru mungkin bisa dirasa kalau sedang beraktifitas kita tidak akan merasakannya,” jelasnya.

Menurut Denny, masih banyak gempa dengan kekuatan kecil yang terjadi namun tidak dicatat olehnya. Tetapi sejauh ini yang telah terjadi di Papua Barat sebanyak 12 kali gempa.

Gempa merupakan salah satu bencana alam yang tidak bisa dideteksi. Untuk itu masyarakat diingatkan untuk tetap waspada terhadap bencana. Gempa terakhir yang terjadi di Papua Barat terletak di Kabupaten Nabire pada tanggal 14 November dengan kekuatan 3.8 skala richter. |ADITH SETYAWAN

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan