Elisa Sroyer. Foto: CAHAYA PAPUA.com | Dina Rianti

Sejumlah Kabupaten di Papua Barat Bakal Dijabat Caretaker

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sejumlah kabupaten/kota di wilayah provinsi Papua Barat dipastikan akan dijabat oleh caretaker menyusul keluarnya Perppu No 1 tahun 2014. Perppu tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota itu mulai berlaku pada Oktober 2014.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer mengatakan, kabupaten yang bakal dijabat karetaker adalah kabupaten Tambrauw, Manokwari, Maybrat, Kota Sorong, Kabupaten Sorong termasuk Provinsi Papua Barat.

“Ini bukan wacana, tapi aturan sudah mengatakan demikian. Itu adalah proses yang akan terjadi beberapa tahun kedepan, akan ada karetaker berjamaah. Kita tidak bisa pungkiri itu. Daerah-daerah itu baru bisa melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 2018,” kata Elisa Sroyer di Manokwari, Selasa (25/11/2014).

Sroyer mengatakan untuk provinsi, jabatan gubernur Papua Barat Abraham Atururi akan berakhir tahun 2017. Menurut dia untuk mengisi kekosongan tersebut, akan ada karetaker dari kalangan birokrasi (PNS) yang ditunjuk Mendagri.

“2016-2018 di Papua Barat berdasarkan Perppu tadi, akan terjadi kekosongan (kepala daerah definitif) selama tiga tahun,” kata Sroyer.

Sementara itu 8 kabupaten Kaimana, Fakfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Raja Ampat, Sorong Selatan, Mansel dan Pegaf akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada 2015.

Pemilihan kepala daerah hanya akan memilih bupati. Bupati yang terpilih nantinya memiliki kewenangan untuk menentukan wakilnya. Namun penunjukkan wakil bupati hanya berlaku bagi daerah yang penduduknya diatas 100 ribu jiwa. |DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan