Evaluasi dana Otsus tahun 2014 oleh Bappeda Papua Barat di Manokwari, Kamis (18/12/2014). Foto CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Sejumlah Kabupaten/Kota Belum Laporkan Pengunaan Dana Otsus

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com--Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua Barat Abia Ullu mengatakan, hingga Kamis (18/12/2014), masih ada sejumlah kabupaten/kota di Papua Barat yang belum menyerahkan laporan pengunaan dana Otsus tahap 3 tahun 2014.

Padahal pemerintah pusat menurutnya memberikan batas waktu laporan pengunaan dana Otsus tahap akhir (20 %) hingga 31 Desember 2014.

“(jadi) Mau tidak mau, 31 Desember laporan sudah harus selesai karena akan dilaporkan ke pusat. Kita masih punya waktu hingga akhir tahun,” kata Abia dalam rapat evaluasi pengunaan dana Otsus Papua Barat oleh Bappeda Papua Baratdi hotel Aston Manokwari, Kamis (18/12/2014).

Selain itu ia mengatakan penyaluran dana Otsus dari provinsi ke kabupaten/kota sering terlambat dilakukan, karena laporan pengunaan dana Otsus dari kabupaten sering terlambat. Padahal menurut dia penyaluran dana Otsus tahap berjalan selalu membutuhkan laporan pengunaan terakhir. (Baca: Dana Otsus Kabupaten/kota di Papua Barat Tahun 2015 Berkurang)

Ia juga menyatakan format laporan untuk pengelolaan dana Otsus termasuk mudah, namun kebanyakan kabupaten/kota memberikan laporan tidak lengkap bahkan tidak jelas penggunaannya.

“Seringkali kabupaten/kota menyampaikan format laporan tidak sesuai dengan pencairan yang diberikan, padahal format laporan itu begitu mudah. Kami dikeuangan juga tidak mau menerima laporan yang tidak jelas, karena tim pemeriksa apalagi aparat hukum seperti kejaksaan juga susah menerima laporan ini,” katanya dihadapan kepala SKPD dan kabupaten/ kota dalam rapat tersebut.

Abia juga menegaskan, mulai tahun anggaran 2015, pemerintah pusat sudah menetapkan evaluasi anggaran Otsus tiap tahun paling lambat per 31 Desember.

“Tolong sampaikan salam hormat kepada kepala keuangan kabupaten/kota, dan sekaligus meminta mereka segera sampaikan laporan dana Otsus tahap tiga. Kami sudah siap turunkan tim ke kabupaten/kota untuk meminta data laporan keuangan,” ujar Abia. | DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan