Salah satu kampung di kabupaten Pegunungan Arfak. Foto: CAHAYAPAPUA.com |Duma Tato Sanda

Sekarang Kepala Kampung Bisa Menjabat Belasan Tahun

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Lahirnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa mengamanatkan seorang kepala kampung bisa menduduki jabatan tersebut selama 3 periode secara berturut-turut. Namun periode jabatan dikurangi dari sebelumnya 8 tahun menjadi hanya 6 tahun.

“Jadi maksimalnya adalah 18 tahun kalau dia terpilih terus dalam 3 periode. Itu sesuai UU tentang desa yang baru,“ kata Kepala Bagian Pemerintahan Kampung Setda Kabupaten Manokwari Wanto, Kamis (27/11/2014) di sela-sela kegiatan di hotel Holiday Park Manokwari.

UU nomor 6 tahun 2013 juga mengamanatkan pemilihan kepala kampung dilakukan secara serentak. Untuk Kabupaten Manokwari sendiri, menurut Wanto, penyesuaian terhadap perintah UU tersebut dilakukan secara bertahap. Sebab, sebagian wilayah sudah melaksanakan pemilihan pada bulan September lalu.

“Sebelumnya (pemilihan) sudah dilakukan pelantikan di distrik Manokwari Selatan, Manokwari Timur dan distrik Prafi sudah semuanya. Dalam waktu dekat, mungkin pada minggu pertama Desember kita kembali lakukan pelantikan kepala kampung di distrik Masni,“pungkas mantan camat Warmare dan Lurah Andai itu. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan