Nataniel Mandacan

Sekda: Anggaran Pengelolaan Kebersihan Mansinam Belum Dipertanggungjawabkan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan mengatakan dana pengelolaan kebersihan situs pulau Mansinam sudah dicairkan ke kas Badan Pengelola Situs Mansinam.

Ditemui di kantor gubernur, Senin (6/2), Nataniel mengatakan, dana tersebut dianggarkan melalui APBD Perubahan Papua Barat tahun 2016. Hingga saat ini belum adalah laporan pertanggungjawaban atas dana tersebut.

“Kami akan mengundang Badan Pengelola srta Sinode dan Klasis untuk menggelar pertamuan bersama, sehingga persoalan ini segera selesai,” kata Sekda.

Selain membahas anggaran, lanjut Nataniel, pertemuan tersebut bermaksud membahas terkait status pulau tersebut. Pemerintah provinsi ingin ada kejelasan mengenai siapa harus mengelola pulau tersebut.

Ia berharap, masyarakat tidak salah persepsi terkait pengelolaan situs sejarah religi tersebut. Pada pertemuan tersebut, diharapkan seluruh persoalan tuntas, baik masalah tunggakan gaji kebersihan maupun pengelolan situs.

“Pulau itu haknya gereja, jangan karena pemerintah yang bangun lalu semua tanggungjawab dibebankan ke pemerintah,” sebutnya.

Menurutnya, pemerintah berusaha membantu anggaran, namun menyangkut tanggungjhawab pengelolan tidak semestinya dilimpahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

Dia membenarkan, bahwa mantan Gubernur Abraham Atururi pernah mengeluarkan SK Badan Pengelola Situs. Kala itu, SK dikeluarkan agar pulau tersebut terurus secara baik.

“Saat itu, kita melihat belum ada pengelola dan gereja pun belum membuatnya. Sehingga kita terpaksa bentuk badan pengelola agar pulau ada yang urus,” katanya lagi.

Beberapa waktu lalu, warga pulau Mansinam menggelar aksi pemalangan terhadap kantor Badan Pengelola Situs Mansinam. Mereka menuntut pembayaran honor kebersihan yang belum direalisasikan selama lima bulan.

Kurang lebih sebanyak 200 orang tenaga kebersihan yang belum menerima honor sejak bulan Oktober 2016 hingga Februari 2017. (IBN)

 

Tinggalkan Balasan