Kantor bupati Manokwari.

Sekda Manokwari Lalenoh Tak Mau Disalahkan Atas Molornya APBD 2015

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Anggaran Pendapatan dan Belanja Dareah (APBD) Kabupaten Manokwari tahun 2015 sampai hari ini belum juga ditetapkan. Hingga Kamis kemarin, pembahasan belum juga terlaksana lantaran materi RAPBD belum juga disampaikan ke DPRD.

Meskipun sudah berulang kali mengalami keterlambatan, Sekretaris Daerah FM. Lalenoh tidak setuju jikalau APBD 2015 molor semata-mata karena ketidakbecusan kerja dari tim anggaran Pemda (TAPD) yang diketuainya.

“Sekda disebut kurang memahami dan lainnya. Tetapi TAPD sudah berupaya maksimal, siang  dan malam.  Oleh karena itu kalau terjadi keterlambatan itu jangan selalu menyalahkan TAPD. Ini tanggung jawab kita bersama, “ tandas Lalenoh dalam rapat koordinasi Bupati bersama semua pimpinan SKPD, di ruang Sasana Karya Kantor Bupati, Kamis (22/1/2015).

Ia berdalih, tugas TAPD sesungguhnya hanya mengakomodir usulan program dan kegiatan dari masing-masing SKPD. Kemudian tim melakukan rasionalisasi untuk menyesuaikan dengan struktur anggaran yang ada.

“Sudah barang tentu setelah kita rasionalkan itu akan ada yang dapat tiga per empat,  ada yang mungkin separuh karena keuangan kita terbatas. Jadi kita baku bagi, “ ucap mantan Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Manokwari itu.

Mengenai materi RAPBD 2015, ia mengatakan tim telah merampungkan seluruhnya sehingga siap diserahkan ke DPRD untuk mulai dibahas.

“Agak terlambat karena DPRD ada minta untuk dilakukan konsultasi lagi. Tapi sekarang sudah siap, dalam satu dua hari ini sudah bisa disampaikan ke dewan, “ lanjut Lalenoh. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan