Ilustrasi APBD Perubahan

Sekda Manokwari: RAPBD 2016 Tuntas dan Siap Dibahas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Meskipun Perubahan APBD tahun 2015 sampai sekarang belum juga kelar, Pemkab Manokwari tetap menargetkan APBD 2016 bisa disahkan paling lambat bulan Desember mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari F.M. Lalenoh selaku ketua TAPD mengklaim materi RAPBD 2016 sudah tuntas. Karena itu, setelah APBD-P 2015 disahkan DPRD, beberapa hari kemudian langsung diikuti dengan pembahasan APBD 2016.

“Kita upayakan semuanya baik Perubahan maupun Induk bisa selesai dalam tahun ini juga karena ini sudah tahun terakhir masa tugas Bapak Bupati dan Wakil Bupati,” kata Lalenoh baru-baru ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, penetapan APBD Pemkab Manokwari baik induk maupun perubahan selalu melewati batas waktu sebagaimana perintah dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu penyebabnya adalah penyelesaian materi RAPBD yang selalu molor.

Hal itu akhirnya berdampak terjadinya penumpukan anggaran pada menjelang akhir tahun atau pada triwulan ke-4, sehingga berimplikasi pada serapan anggaran yang tidak maksimal.

DPRD sudah berulang kali mengingatkan Pemda agar APBD dibahas tepat waktu sehingga menjamin APBD yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan pro rakyat.  | ZACK TONU BALA