Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan. |Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Sekda Nataniel: Kegiatan yang Didanai APBN Harus Jalan Februari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemprov Papua Barat diminta untuk segera melaksanakan program kegiatan anggaran tahun 2015 yang bersumber dari APBN, terhitung bulan Februari.

Penegasan ini disampaikan Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan saat memimpin apel PNS Pemprov Papua Barat, Senin (5/1/2015) di kantor Gubernur Jalan Siliwangi No. 1 Manokwari.

“Beberapa waktu lalu anggaran dana Dekonsentrasi, Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBN sudah diserahkan DIPA-nya kepada seluruh SKPD dan masing-masing Pemkab dan Pemkot. Saya berharap mulai Januari sudah ada action-nya, mulai dari pengusulan bendahara dan lain-lain, sehingga paling lambat Februari pelaksanaan kegiatan sudah berjalan,” tegas Sekda.

Sekda juga mengingatkan seluruh SKPD Pemprov untuk segera mempersiapkan rapat kerja tahun 2015 dalam rangka mensinkronkan program provinsi dengan kabupaten/kota yang diharapkan dapat digelar bulan Februari.

Harapannya, kata Sekda agar tidak ada lagi kegiatan bertumpuk di akhir masa tahun anggaran seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Walaupun nanti bilang uang belum cair, tapi kita harus tetap lakukan kegiatan agar tidak ada lagi kegiatan bertumpuk di akhir tahun,” imbau mantan Kepala BKN Regional XII Wilayah Papua.

Pesan Sekda, kegiatan rutin seperti sosialisasi dan Bimtek harus segera dilakukan pada awal tahun hingga pertengahan tahun, sehingga memasuki bulan Desember pada minggu pertama, semua kegiatan rutin, di antaranya sosialisasi maupun pembekalan sudah tidak ada lagi. Seharusnya akhir tahun khusus dilakukan untuk evaluasi yang dilakukan oleh Bappeda.

“Kita berharap akhir tahun semua SKPD bisa konsentrasi mengikuti kegiatan evaluasi dari awal sampi akhir, dan kita bisa mengetahui perjalanan sepanjang anggaran 2015. Artinya apakah ada masalah atau tidak, jika ada maka kekurangan itu akan diprogramkan untuk tahun berikut, sehingga kita bisa membuat jadwal untuk disinkronkan. Itu yang perlu kita perhatikan kedepan,” tandas Nataniel. | DINA RIANTI

 

Tinggalkan Balasan