Sekda Papua Barat, Nataniel D Mandacan

Sekda Papua Barat: Badan Litbang Miliki Fungsi Strategis

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sekretaris Daerah Drs. Nataniel Mandacan mengatakan, Badan Penelitian dan pengembangan Daerah (Litbang) Papua Barat memiliki fungsi strategis dalam hal percepatan pembangunan di Provinsi ini.

Oleh karenanya, setiap persoalan pembangunan yang belum ditangani secara baik diharapkan dilakukan identifikasi, kenali dan pahami kembali inti masalah sesuai kaidah penelitian ilmiah yang baku agar dapat menuai manfaat bagi masyarakat.

“Walau Badan Litbang ini tergolong baru dibentuk, namun jika rencana kerja disusun dengan niat  yang baik demi membangun Papua Barat, tentu kedepan akan membuahkan hasil,” yakin Sekda Natanial saat membuka Rakornis Litbang se Papua Barat, Senin (13/3) kemarin, di Aston Niu Hotel.

Ia pun berpesan agar forum rakornis dapat dijadikan sebagai wadah untuk

melakukan penajaman terhadap rencana kerja Badan Litbang Papua Barat dengan institusi kelitbangan yang ada di Kabupaten/Kota.

Sementara itu,  Plt. Litbang Papua Barat, Prof. Charlie Heatubun mengatakan, keberadaan Badan Litbang sangat vital, sebab setiap kebijakan pembangunan harus didasari dengan penelitian dan pertimbangan secara ilmiah.

Saat ini lanjut dia, memang ruang lingkup Badan Litbang masih di batasi oleh tiga bidang utama yakni sosial pemerintahan, ekonomi dan pembangunan dan pemberdayaan serta pembinaan masyarakat.  Meski begitu, kedepan pihaknya akan memainkan peran yang maksimal sesuai harapan pemerintah daerah.

“Kita akan meningkatkan sistim yang ada, memperbaharui pelayanan dan mencari produk unggulan daerah sebagai bentuk inovasi. Sayangnya, Rakornis ini baru satu kabupaten yang merespon cepat dalam membuat kerangka Badan Litbang,  yaitu Kabupaten Maybrat. Harapannya kabupaten lain bisa ikuti dan kami siap fasilitasi,” pungkas Charlie. (MAR)

Tinggalkan Balasan