Sekda Papua Barat, Nataniel D Mandacan

Sekda Papua Barat: Sakit, Pejabat Tak Akan Diganti Pelaksana Tugas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Sekda Papua Barat Nataniel D Mandacan sebagai ketua Baperjakat Papua Barat menyatakan pejabat Pemprov Papua yang mengalami sakit tidak akan diganti sementara oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Pernyataan ini disampaikan Sekda menjawab adanya sejumlah pejabat pemprov yang mengalami sakit mulai dari kepala SKPD hingga kepala bidang.
“Tidak ada rencana pergantian, pak gubernur hanya menyampaikan kalau ada pejabat yang sakit apalagi sudah ada keterangan dokter hanya diminta untuk istirahat tapi tidak menunjuk plt, karena itu mengganggu orang bisa mati lebih dulu kalau diganti, aturan memang aturan tapi jiwa orang itu utama,” kata Nataniel usai peletakan batu pertama RSU Provinsi, Kamis (16/9) di Marina.

Sebelumnya, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi bercerita soal pertemuannya dengan Kepala Biro Humas yang baru pulang berobat dari Jakarta. Dalam pertemuan tersebut gubernur berharap Kepala Biro Humas dapat beristirahat dan tidak memaksakan untuk bekerja.

Hal inilah yang ditegaskan sekda bahwa pejabat yang sakit tidak akan digantikan oleh plt, karena ini menyangkut psikologis pejabat yang bersangkutan yang dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan jiwanya, sehingga aturan tersebut harus dikesampingkan.

“Memang banyak kepala bidang yang sakit tapi kita sarankan pak gub untuk tidak menunjuk yang lain untuk menggantikan tugas, karena ini aturan jadi belum ada rencana resuffle SKPD lagi,” katanya.

Sementara itu terkait sejumlah kepala SKPD yang meninggal sehingga dibutuhkan pengganti Nataniel menjelaskan semua ini masih dalam proses sehingga masih menunggu waktu yang tepat. |DINA RIANTI