Sekretariat Majelis Rakyat Papua Barat. (Doc. Cahaya Papua)
Sekretariat Majelis Rakyat Papua Barat. (Doc. Cahaya Papua)

Seleksi Anggota MRP-PB Terhambat Regulasi dan Anggaran

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Proses seleksi anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP PB) periode 2016-2021, belum dilakukan. Pasalnya, regulasi (perdasus dan perdasi) keanggotaan dan tata cara pemilihan serta anggaran, hingga kini belum jelas.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Budaya Politik dan Pendidikan Politik Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas (Kesbangpol dan Linmas) Provinsi Papua Barat, Wiliam Wamati mengatakan, waktu pelaksanaan seleksi calon anggota MRP PB belum jelas.

“Kita melaksanakan sesuatu itu harus ada dasar hukumnya. Anggaran pun belum ada di dalam APBD. Kalau dilaksanakan tanpa dasar yang jelas, nanti salah lagi,” kata Wamati, Rabu (19/10/2016).

Informasi yang dihimpun media ini, persoalan menyangkut regulasi pemilihan anggota MRP PB. Masih menunggu proses registrasi di Kementerian Dalam Negeri. Sementara, anggaran menyangkut seleksi telah diajukan sebesar Rp. 3,5 miliar.

“Perdasus dan Perdasi yang dibuat di daerah tentu harus diselaraskan dengan Undang-undang yang lebih tinggi. Sampai sekarang, kita belum dapat informasi dari Biro Hukum. Belum jelas proses ini sudah sampai dimana. Soal anggaran, saya belum bisa pastikan karena belum disetujui,” ujar Wamati.

Menurut Wamati, persiapan seleksi anggota MRP PB periode 2016-2021 belum dapat dilaksanakan. Meski demikian, di dalam perdasus itu, jumlah anggota dari unsur adat dan perempuan dari masing-masing kabupaten/kota adalah sebanyak dua orang.

Jumlah keseluruhan anggota MRP PB adalah ¾ dari jumlah kursi di DPR Papua Barat (DPR PB). Dengan demikian, periode kedua ini, jumlah anggota MRP PB sebanyak 44 orang.

“Kita belum bisa laksanakan apa-apa terkait seleksi anggota MRP PB karena takutnya ada perubahan pada perdasus maupun perdasi. Soal jumlah anggota, kita sudah tahu. Persoalanya, kapan regulasi itu diserahkan ke Kesbangpol,” ujar Wamati lagi. (ALF)

Tinggalkan Balasan