Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat, Alfredo Ngamelubun

Seleksi Calon Anggota Panwaslu Masuk Tahap Akhir

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Tahapan seleksi anggota panwaslu di 12 kabupaten dan satu kota se-Papua Barat memasuki tahap akhir. Proses seleksi ini akan menentukan keanggotaan pengawasan Pemilu pada Pilkada Papua Barat 2017 mendatang.

“Seleksi anggota masuk tahap akhir yakni fit and properties. Pekan lalu, tahapan ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Kaimana dan Fakfak,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat, Alfredo Ngamelubun, Selasa (31/5).

Dia mengatakan, calon anggota Panwaslu Kabupaten Kaimana dan Fakfak telah mengikuti tahap fit and propert tes pekan lalu. “Hari ini (kemarin), kami lanjut dengan di Manokwari dan daerah pemekarannya serta Teluk Bintuni dan Teluk Wondama,” ujarnya.

Seleksi tahap akhir calon anggota Panwaslu di wilayah Sorong raya akan pada Rabu, hari ini. “Direncanakan 14 Juni mendatang sudah bisa dilakukan pelantikan,” kata dia.

Menurut Alfredo, sejauh ini hasil seleksi calon anggota panwaslu di kabupaten/kota berjalan baik. Sejauh ini belum ada keluhan atau bukti bahwa para calon anggota panwaslu berafiliasi dengan partai politik.

Meski demikian, ia menambahkan, masukan masyarakat terhadap terkait rekam jejak pada calon anggota Panwaslu sangat diharapkan sehingga bisa diproses.

“Sambil jalan mungkin ada yang kami belum mengetahui sehingga tanggapan masyarakat sangat diharapkan. Sebelum penetapan dan pelantikan kami bisa dapatkan informasi ini dan diklarifikasi. Jika sudah dilantik anggota yang bersangkutan bisa diadukan ke DKPP,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan