Yahya Kambu

Sensus Ekonomi 2016 di Mansel dan Pegaf Kelar

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Badan Pusat Statistik menyatakan Sensus Ekonomi tahun 2016 di Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak telah kelar atau selesai 100 persen, menyusul Kabupaten Manokwari yang masih menyisahkan Distrik Manokwari Barat.

Kepala BPS Kabupaten Manokwari, Yahya Kambu mengatakan data dari hasil Sensus Ekonomi 2016 di Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak telah disampailkan ke BPS Kabupaten Manokwari. Dua daerah tersebut sejauh ini masih berada dibawah tanggungjawab BPS Manokwari.

Sensus Ekonomi di Manokwari Selatan dilakukan pada 6 distrik yang terdiri dari 65 kampung sementara di Pegunungan Arfak pada 10 distrik dengan 166 kampung.

Sementara itu di Kabupaten Manokwari menurut dia, dari 9 distrik hanya Distrik Manokwari Barat yang masih melakukan sensus.

“Distrik Manokwari Barat areanya luas dan merupakan daerah konsentrasi ekonomi, sehingga harus fokus sebaik-baiknya agar semua usaha bisa terdata dengan baik.

Sampai saat ini baru ada 170 blok sensus yang dilaporkan atau baru 80 persen yang sudah diselesaikan,” ungkap Yahya kepada wartawan baru-baru ini.

Tujuan utama pelaksanaan Sensus Ekonomi ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi di tiap Kabupaten di Seluruh Indonesia tiap 10 tahun sekali. Sensus 2016 sesuai jadwal digelar dari 1 – 31 Mei 2016. (ACS)

Tinggalkan Balasan