Umat Muslim Manokwari usai melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Ridwanul Bahri, Fasharkan, Jumat (2/9). Pada Idul Adha 1438 Hijriah/2017, PHBI Manokwari mendistribusikan 492 hewan kurban.

Shalat Id di Manokwari berjalan khidmat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Umat muslim dunia, Jumat (1/9), memadati bumi Allah menunaikan shalat Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi. Aktivitas Shalat Id tersebut juga berlangsung di kabupaten/kota di Papua Barat termasuk Manokwari.

Masjid Ridwanul Bahri Fasharkan TNI AL, salah satu tempat yang digunakan untuk ibadah tersebut terlihat dipadati ribuan jamaah. Masjid dua lantai itu nampak tak mampu menampung seluruh jamaah, hingga membludak ke lahan parkir. Meski demikian, para jamaah terlihat tetap khidmat melafaskan takbir, tahmid dan tahlil hingga mendengarkan khutbah.

Ali Mochtar yang menjadi khotib dalam khutbahnya mengatakan, patut bagi seluruh umat Muslim mengetahui peristiwa di balik Idul Adha atau Idul Kurban. Ia juga mengingatkan bahwa bertepatan dengan 10 Julhijah ini, jutaan umat Muslim di tanah suci Mekkah sedang menyempurnakan ibadah haji 1438 Hijriah.

“Peringatan hari raya Idul Adha merupakan sejarah peradaban umat manusia yang tidak mampu dijalankan oleh siapapun, kecuali Nabi Ibrahim Alaihisalam (As) dan anaknya Nabi Ismail As. Dengan sebuah pengorbanan keimanan dan ketaqwaan sehingga menjadikan keduanya mulia dihadapan Allah SWT,” tuturnya.

Dikatakan, Nabi Ibrahim As mendapat perintah Allah SWT untuk meninggalkan anak dan istrinya di padang yang tandus dan penuh gersang serta jauh dari pemukiman. Dengan iman dan kepasrahaan yang total kepada Sang Pencipta, Nabi Ibrahim menjalankan perintah Allah tersebut.

“Ini termaktub dalam Al-Quran Surat Ibrahim ayat 37, yang artinya wahai Tuhan kami, sesungguhnya aku mewakafkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak memiliki tanaman di dekat rumah engkau Baitullah. Wahai Tuhan kami, yang demikian itu agar mereka senantiasa berpasrah dalam shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia condong kepada mereka dan berilah rezeki. Mudah-mudahan mereka bersyukur.”

Dia juga mengatakan, hikmah perayaan Idul Adha, ialah sebuah pelajaran dari kisah kehidupan Nabi Ibrahim dan keluarganya, yang tetap berjuang dan sabar menghadapi segala ujian dan cobaan hidup.

Sementara itu Ta’mir Masjid Ridwanul Bahri Fasharkan TNI AL, Mohamad Taufik menyebutkan, hewan kurban yang dikumpulkan sebanyak 29 ekor sapi dan 4 ekor kambing.         Sejumlah hewan kurban tersebut diperoleh dari sumbangan Pemda Manokwari, Bank dan sejumlah pengusaha. “Pembagian daging kurban di Masjid Ridwanul Bahri cukup luas. Terdapat sekitar 1.500 jamaah sesuai pendataan yang kita bagi dengan membentuk kelompok ,” tambahnya.

 

Distribusi hewan kurban

Sementara itu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manokwari menyatakan mendistribusikan 492 hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017.

Ketua PHBI Manokwari Abdul Rahim mengatakan, hewan kurban berupa sapi dan kamping tersebut berasal dari warga, organisasi, lembaga swasta termasuk dari pemerintah dari dan TNI-Polri.

“Hewan kurban ini kita distribusikan secara merata di seluruh masjid di Manokwari. Pendistribusian kita sesuaikan dengan persebatan umat Islam di wilayah,” kata Abdul Rahim usai Shalat Ied di Lapangan Borarsi Manokwari, Jumat.

Dia mengutarakan, pembagian daging atau hewan kurban ini di prioritaskan di wilayah Manokwari terutama daerah Prafi, Masni dan Sidey. Pendistribusian tersebut dilakukan dalam bentuk hewan hidup sebagian dalam bentuk daging.

“Ada warga yang berkurban memilih masjid, alasanya agar bisa menyaksikan langsung prosesi penyembelihanya. Tidak masalah, kita bisa bagikan dalam bentuk daging,” katanya.

Dia menambahkan, Manokwari belum bisa mendistribusikan daging kurban ke daerah lain. Pembagian masih di prioritaskan di daerah ini.

Pantauan Cahaya Papua, pada hari pertama Idul Adha sebagian besar masjid belum ada aktivitas pemotongan hewan kurban. Pasalnya idul adha tahun ini jatuh pada hari Jumat.

Beberapa panitia kurban dari sejumlah masjid saat dikorfirmasi mengatakan, pemotongan akan dilaksanakan pada hari ini. (mar/ibn)

Tinggalkan Balasan