Penyu Belimbing
Penyu Belimbing

Si Penjelajah Samudra yang Terancam Punah

Makan di California lalu bertelur di pantai Jamursmbamedi di Distrik Abun, Tambrauw. Ia  juga mengarungi samudra di wilayah asia pasific. Itulah aktifitas penyu belimbing, salah satu species yang menjadi primadona di wilayah perairan Bentang Laut Kepala Burung Provinsi Papua Barat.

Perairan wilayah kepala burung diyakini  memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, diantaranya penyu belimbing. Ribuan jenis species hewan hidup di wilayah tersebut.

Wakil Presiden Program Laut Asia Pasific Conservation Internastinam Mark Erdmann di Manokwari, Rabu (2/11), menuturkan, penyu belimbing atau dermochelys coriacea adalah penyu raksasa. Penyu ini merupakan species penyu terbesar di dunia.

Hewan ini pun merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya. Masyarakat Tambrauw, terutama warga Distrik Abun sering menyebutnya penyu raksasa.

“Penyu ini adalah Tipikel penyu yang gemar bermigrasi mengarungi laut baik di wilayah laut Papua dan Papua Barat, maupun daerah dan wilayah perairan di negera lain.  Penyu pun gemar mencari makan di laut California, dan mengelilingi Samudra hingga di wilayah perairan benua Australia,” kata dia.

Dia mengungkapkan, dari sekian jenis penyu di Dunia, penyu belimbing adalah species yang paling terancam punah. Kebiasaanya yang gemar mengelilingi samudra, membuat penyu ini terancam dari aktivitas para nelayan.

Pesisir Pantai di Distrik Abun, adalah habibat yang cukup baik sebagai tempat bertelurnya penyu ini. Lokasi ini harus terus dijaga untuk menjaga produktifitas telur dan penetasan telur-telur tersebut.

“Setidaknya, masih ada tempat yang nyaman bagi penyu untuk bertelur, yakni di pantai Jamursba Medi Distrik Abun, Tambrauw, Papua Barat,”katanya.

Selain ancaman di tengah laut, penyu ini pun menghadapi ancaman serius di lokasi peneluran. Ancaman tersebut berasal dari Anjing liar, Soasoa, dan babi hutan. Hewan-hewan tersebut senang membongkar sarang dan memakan telur penyu tersebut.

“Harus ada komunikasi secara baik antara masyarakat dan pemerintah. Perlu rekasaya sedemikian rupa untuk menjaga agar hewan-hewan itu tidak memangsa telur penyu,” katanya lagi.

Dia mengutarakan, upaya serius harus dilakukan untuk menjaga populasi penyu belimbing, jika tidak dalam waktu 10 tahun kedepan species ini akan punah. Masyarakat dinilai sebagai ujung tombak untuk menjaga habitat peneluran penyu tersebut.

Menurut dia, konsep konservasi penyu belimbing dan jenis penyu lainya bisa dilakukan dengan tidak mengesampingkan pembangunan ekonomi masyarakat. Hal itu dapat dilakukan dengan menjadikan wilayah Jamursba Medi dan sekitarnya sebagai obyek pariwisata terbatas.

Bird Head Seascape and Wes Papua Leader World Wide Fun (WWF) Indonesia Imam Suhada pada wawancara secara terpisah mengungkapkan, sejak tahun 1990 hingga saat ini jumlah penyu belimbin yang bertelur di Abun terus menurun.

“Penurunannya berlangsung cukup tajam, bahkan mencapai 70 persen,” katanya.

Berbagai upaya dilakukan WWF bersama masyarakat, terutama di wilayah Distrik Abun untuk menjaga habitat peneluran penyu tersebut.

WWF pun, ungkapnya, juga telah melakukan upaya pendekatan dari sektor lain untuk menjaga populasi penyu tersebut. Antara lain, mendampingi nelayan agar bisa menggunakan mata kail yang aman saat memancing agar tidak melukai hewan laut ini.

Sekretaris Daerah Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan, wilayah kepala burung merupakan pusat keaneka ragaman hayati dunia. Selain penyu belimbing, ribuan hewan laut hidup di wilayah tersebut.

Ia menyebutkan, pemerintah provinsi Papua Barat berkomitmen menjadikan daerah ini sebagai provinsi konservasi. Menjaga kelestarian dan ekosistem alam baik darat maupun laut dilakukan demi kehidupan yang akan datang.

“Papua Barat sebagai provinsi konservasi sudah luncurkan gubernur kurang lebih satu tahun yang lalu. Saat ini, Raperdasus (rancangan peraturan daerah khusus) sedang digodong untuk mendukung program tersebut,” kata dia.

Pihaknya berupaya agar proses raperdasus tersebut segera tuntas sehingga bisa diserahkan dan disahkan bersama DPRD setempat. (IBN)

Tinggalkan Balasan