Logo Papua Barat TV (PBTV) | Ist

Sidang Kasus Dana Hibah PBTV Pekan Depan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya Penyidik Kejaksaan Negeri Manokwari menyerahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi dana hibah ke PBTV tahun 2012, senilai Rp 3 miliar ke Pengadilan Tipikor Papua Barat.

Ketua Pengadilan Negeri Manokwari dan Tipikor Papua Barat Maryono, SH, Rabu (14/1/2015) membenarkan jika stafnya telah menerima berkas perkara kasus dugaan korupsi tersebut dari kejaksaan Negeri Manokwari.

“Kami telah menerima. Rencana sidang digelar pekan depan, sambil berkas tersebut di periksa kembali oleh staf pengadilan,” kata Maryono.

Sebelumnya Penyidik Kejaksaan Tinggi Papua, Alex Nuraya, SH mengatakan tersangka Yustin Teti Sanda diboyong ke Manokwari, Kamis (18/12/2014). Kini Yustin ditahan di ruang sel Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Manokwari, sambil menunggu proses persidangan di Pengadilan Tipikor Papua Barat.

Kata Alex, dalam perkara ini hanya tersangka Yustin Teti Sanda yang menikmati dan mengelola dana senilai Rp 3 miliar tersebut.

“Kami sudah berupaya agar ada tersangka baru dalam kasus ini, namun setelah menempuh penyidikan panjang, aliran dana senilai Rp 3 miliar untuk proyek pengadaan barang dan jasa di PBTV, yang menikamti dan megelola dana tersebut, hanya tersangka Yusti Teti Sanda,” kata Alex.

Terkait kasus ini penyidik Kejaksaan Tinggi Papua telah menyerahkan berkas perkara dan tersangka beserta alat bukti ke Kejaksaan Negeri Manokwari.

Yustin Teti Sanda ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana hibah di Biro Humas Papua Barat ke PBTV tahun 2012, senilai Rp.2,6 miliar. Sedangkan jumlah saksi tertuang di berita cara pemeriksaan dan akan menjalani pemeriksaan di persidangan nanti berjumlah 18 orang. Sejumlah saksi berasal dari pegawai pemerintah Papua Barat di Biro Humas dan protokoler serta pegawai dan staf PBTV. |TAKDIR

Tinggalkan Balasan