Suasana Rapat badan Musyawara DPRD manokwari Selatan.

Sidang Ke II Tahun 2017, DPRD Agendakan 27 Kegiatan

MANSEL, Cahayapapua.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Manokwari Selatan agendakan 27 kegiatan untuk masa sidang ke II Tahun 2017, dua diantaranya merupakan kegiatan yang tidak sempat dilaksanakan pada masa sidang pertama.

Kegiatan DPRD ini disusun dalam rapat badan musyawarah (Bamus) Dewan yang dipimpin oleh Ketua Bamus yang juga ketua DPRD Manokwari Selatan Essau M. Ahoren. Ia didampingi Wakil ketua II Paulince Trirbo dan Sekretaris Dewan Syahrial. Rapat Bamus ini dilaksanakan di kantor Sekretariat Dewan, Rabu (26/4) kemarin.

Syahrial menjelaskan, penyusunan agenda per masa sidang dimaksudkan untuk meminimalisir kesenjangan waktu pelaksanaan dengan perencanaan. Menurutnya seiring berjalannya roda pemerintahan, baik itu eksekutif maupun legislatif, terkadang ada kegiatan yang ternyata tidak terakomodir dalam kegiatan namun penting untuk dilakukan.

“Kalau kita sudah terlanjur menyusun untuk satu tahun sekaligus, saya kuatir akan banyak melakukan perombakan. Jadi kesepakatan kami dengan DPRD, menyusun agenda per masa sidang untuk meminimalkan resiko adanya kegiatan yang tidak terencana,” jelasnya.

Dikatakan bahwa agenda yang mereka susun sudah berpatokan pada agenda nasional, namun tidak terlalu mengikat khususnya bagi pemerintah daerah untuk harus menyesuaikan kegiatan dengan agenda yang sudah disusun oleh DPRD.“Ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pihak pemerintah daerah, meski kami sudah jadwalkan namun hanya sebatas acuan, bukan untuk memaksa pemda untuk menyesuaikannya,”terang mantan Asisten II Setda Mansel tersebut.

Sesuai data yang diterima media ini, 27 kegiatan yang diagendakan dibagi dalam empat bulan masa sidang. Dimuai dari bulan Mei hingga Agustus mendatang, pada bulan pertama masa sidang ke II DPRD mengagendakan 7 kegiatan yakni, 1). Rapat penetapan tata tertip, tata beracara dan kode etik Dewan, 2). Bimbingan tehnik Penyusunan APBD,3). Penyerahan Kua oleh eksekutif ke pihak DPRD, 4). Penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD terhadap rancangan KUA Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, 5). Rapat Antar Komisi-Komisi, 6). Rapat Unsur Pimpinan, 7). Rapat Pembahasan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Mansel.

Sedangka bulan ke-2 (Juni) DPRD mengagendakan 7 kegiatan, diantaranya 1). Melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring mahasiswa asal Mansel ke sejumlah kota studi yang ada di Indonesia, 2). Penyampaian rancangan KUA oleh Eksekutif ke DPRD, 3). Bimbingan tehnik tentang tata cara pengolaan administrasi Partai politik, 4). Penyusunan Pokok-pokok pikiran terhadap KUA, 5). Monitoring pelaksanaan APBD, 6). Pembahasan KUA antara TPAD dengan DPRD, dan terakhir Nota kesepakatan dan kebijakan umum APBD dan dokumen kebijakan Umum APBD.

Sementara pada bulan ke-3 masa sidang ke II DPRD hanya merencanakan 5 kegiatan, kegiatan pertama yang akan dilakukan adalah melakukan konsultasi ke Kemendagri tentang RPP hak keuangan dan Administrasi DPRD, 2). Melakukan perjalanan di dalam Daerah, 3). Pembahasan PPAS (TPAD dan DPRD), 4). Nota Kesepakatan PPAS, dan yang terakhir melakukan perjalanan ke luar daerah sesuai dengan tugas fungsi dan masing-masing komisi ke kementerian terkait ( Kominfo dan Kemendes).

Di bulan terakhir masa Sidang ke II, DPRD akan melakukan pertemuan dengn BPJS Kesehatan, Reses, evaluasi hasil Reses, Konsultasi Koordinasi ke Dirtjen Otda dan Keuda tentang dana Infrastruktur dialihkan untuk perumahan rakyat, selanjutnya mengevaluasi hasil konsultasi dan kordinasi ke Dirtjen Otda dan Keuda, Rapat bamus untuk penyusunan dan penetapan jadwal kegiatan masa sidang ke III tahun 2017, dan terakhir konsultasi dan koordinasi ke luar daerah terkait kegiatan Partai politik masing-masing. (ACM)

Tinggalkan Balasan