Sumber Foto: http://kelanakecil.wordpress.com

Sisi Lain Babo, Peninggalan Perang Dunia Kedua Tak Terurus

BABO, TELUK BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com— Sejumlah peninggalan perang dunia ke- 2 di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat terlantar begitu saja. Padahal, aset sejarah ini bisa menjadi media pendidikan sekaligus objek wisata.

“Sudah banyak yang hilang. Dulu ada pesawat utuh. Sampai sisa-sisa bom dan bangkai kendaraan,” kata Abdul Mutholib Refideso, warga setempat, Minggu (30/11/2014) di Babo.

Menurut pengamatan CAHAYAPAPUA.com, kawasan yang paling banyak meninggalkan jejakjejak sejarah adalah di Bandara Babo. Saat pesawat hendak mendarat, dari ketinggian terlihat begitu banyak lubang di sekitar areal bandara. Menurut warga setempat, itu adalah bekas ledakan bom yang dijatuhkan tentara sekutu.

Babo merupakan salah satu basis terakhir pertahanan Jepang di wilayah kepala Burung Tanah Papua ketika perang dunia kedua berkecamuk. Ketika bandara diperluas, juga ditemukan ratusan 360 bom.

Di sekitar bandara juga masih ada bangkai pesawat. Namun kebanyakan sudah dibongkar, besinya dijual ke pengumpul. “Disini masih banyak besi tua. Biasanya ada orang dari kota yang datang cari,” kata Refideso.|PATRIX B. TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan