Plt Kadis Pendidikan Papua Barat Sudjanti Kamat

Siswa Tak Bisa Baca Lolos Program Adem

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Kepala Bidang Dikti, Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Sudjanti Kamat meyayangkan lolosnya siswa lulusan SMP belum bisa baca yang dikirimkan ke program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) ke daerah Jawa dan Bali.

Pasalnya proses seleksi ini dilakukan di setiap kabupaten/kota, sementara provinsi hanya menerima data siswa yang siap di sekolahkan di daerah Jawa dan Bali melalui program Adem ini.

“Ada siswa yang namanya sudah masuk di Malang, tetapi belum bisa baca. Ini sangat disayangkan. Kita hanya terima datanya dan mengirim, kabupaten/kota yang melakukan seleksi,” katanya di Kantor gubernur, Selasa (23/2).

Merasa kecolongan, pihaknya akan mengevaluasi proses seleksi yang dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Dan berharap kepada kabupaten/kota agar dalam proses seleksi tidak asal-asalan memasukan nama siswa.

“Saya mau bekerja sama dengan baik. Jangan kita asal-asalan dalam menentukan orang. Coba kita kaji baik supaya kita menolong orang yang tepat,”ungkapnya.

Dijelaskan Sudjanti, program Adem merupakan program pendidikan bagi anak-anak Asli Papua lulusan SMP yang tergolong memiliki nilai baik tetapi tidak mampu. Kemudian akan dikirim ke sekolah-sekolah SMA sederajat yang ada di Jawa dan Bali.

Proses seleksi dilakukan di sekolah-sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di kabupaten/kota. Siswa-siswa yang lulus dengan nilai bagus tetapi tidak mampu dan direkomendasikan oleh sekolah ke dinas pendidikan kabupaten/kota.

“Kemudian diseleksi kembali oleh dinas kabupaten/kota dan selanjutnya data dikirim ke dinas pendidikan provinsi,”jelasnya. |ARIF TRIYANTO

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: