Pemberkasan-NIP-CPNS-Honorer-K2

SK CPNS Honorer K-2 Terbit Paling Lambat Desember

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Satu tahun sudah para honorer K-2 (kategori dua) Kabupaten Manokwari yang lulus seleksi menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk menjadi pegawai negeri sipil. Namun, sampai saat ini sebanyak 552 honorer yang telah lulus tes itu belum juga menerima Surat Keputusan (SK) sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Manokwari Anton Renyaan, Rabu siang di ruang kerjanya menjelaskan, SK CPNS belum bisa diterbitkan karena sekarang masih dalam tahap pemeriksaan berkas oleh BKN pusat bersama BKN regional Papua.

Proses itu memakan banyak waktu lantaran ditemukan masih banyak dokumen yang belum lengkap maupun adanya kesalahan dalam pengisian berkas sehingga dikembalikan lagi ke daerah untuk diperbaiki.

“Ini yang sekarang kami bantu lengkapi. Ada salah isi kolom-kolom, blangko itu kami cabut kembali kami isi kembali, “ ujar Anton.

Menurut Anton, staf BKD terpaksa harus bekerja ekstra saing dan malam mengingat jumlah honorer K-2 mencapai 552 orang. Pihaknya berupaya agar sebelum tutup tahun 2015 semunya sudah tuntas sehingga bisa diterbitkan SK CPNS dan selanjutnya dilaksanakan diklat prajabatan.

“Tapi saya tidak bisa janji. Apa Oktober ini, November ini harus selesai, tapi kami tetap bekerja semaksimal mungkin. Kalau bisa sebelum tahun ini berakhir sudah bisa selesai. Makanya kami harap honorer K-2 untuk bersabar, “ kata Anton.

Dia membenarkan ada sejumlah nama yang telah meninggal dunia dalam satu tahun terakhir ini. Karena itu, jumlah yang akan diangkat jadi PNS dipastikan tidak lagi sebanyak 552 orang.

“Pertanyaannya bisakah diganti oleh saudara, anak, atau honorer lain yang belum lulus ? jawabannya, tidak bisa. Karena dokumen yang terekam adalah dokumen orang tersebut, tidak bisa ini meninggal. Saya sudah koordinasi dengan BKN, itu tidak bisa. Jadi yang jelas tidak ada pemain-pemain tambahan lagi yang masuk, “ ujar Anton.

Sebelumnya pada Rabu siang, sekitar 10 orang tenaga honorer K-2 datang ke kantor BKD untuk mempertanyakan kepastian kapan dilakukan penyerahan SK CPNS. Mereka merasa nasib mereka digantung lantaran telah menunggu satu tahun lamanya tanpa ada kepastian.

“Kepala BKD bilang sebelum Desember, jadi kami harap seperti itu sudah, tidak boleh tunda-tunda lagi. Kalau tidak kami akan palang kantor BKD dan bisa kasih rusak semua, “ ucap Alfius Ullo, salah seorang honorer K-2 usai bertemu dengan Kepala BKD. | ZACK TONU BALA