Robert Melianus Nauw. Foto: CAHAYAPAPUA.com |Toyiban

SK Pelantikan Ketua DPRPB Terganjal di Jakarta

“Kemendagri masih melakukan evaluasi karena ada masalah hukum. Jika hasil evaluasi menyatakan bahwa Robert Melianus Nauwtidak bisa dilantik, maka menjadi kewenangan DPP Partai Demokrat untuk melakukan pergantian”

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com— Menteri Dalam Negeri RI belum mengeluarkan SK Pelantikan Ketua DPR Papua Barat, Robert Melianus Nauw, kata Ketua sementara DPR Papua Barat, Arifin di Kaimana.

Itu sebabnya, pimpinan DPRPapua Barat yang akan dilantik pada Selasa 16 Desember 2014 hanya Wakil Ketua I J.A Jumame dari Golkar, Wakil Ketua II Alberth Manibuy dari PDIP dan Wakil Ketua III Ranley Mansawan dari Partai Nasdem.

“Kemendagri masih melakukan evaluasi karena ada masalah hukum. Jika hasil evaluasi menyatakan bahwa nama tersebut (Robert Melianus Nauw,red) tidak bisa dilantik sebagai ketua DPR-PB, maka sudah menjadi kewenangan DPP Partai Demokrat untuk melakukan pergantian nama calon ketua,” kata mantan ketua DPRD Kaimana ini.

Pasca dilantiknya 3 wakil ketua DPRD, DPRD-PB sudah bisa bekerja, termasuk melaksanakan agenda besar yang paling mendesak yakni pembahasan dan penetapan APBD Papua Barat Tahun Anggaran 2015.

Soal apakah tertundanya pelantikan ketua DPRPB, Robert Melianus Nauw akan mempengaruhi kepemimpinan di lembaga tersebut, Arifin mengatakan, kedudukan pimpinan DPRD sifatnya kolektif kolegial. Dengan demikian, ketika tidak ada ketua maka salah satu dari wakil ketua bisa melaksanakan tugas ketua DPR PB.|ISABELLA WISANG